EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN TEKNIK PROBING PROMPTING PADA SISIWA KELAS IVc SD INPRES MINASA UPA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

kristiawati kristiawati

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan teknik probing-prompting untuk  mengefektifkan pembelajaran matematika pada siswa kelas IVc SD Inpres Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran matematika melalui penerapan teknik probing-prompting pada siswa kelas IVc SD Inpres Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar ditinjau dari 3 indikator efektifitas  yaitu tercapainya ketuntasan hasil belajar matematika siswa secara klasikal, keaktifan siswa dalam belajar, dan minimal 80% siswa menunjukkan respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika melalui penerapan teknik probing-prompting. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Desigens yaitu suatu jenis penelitian yang hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVc SD Inpres Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang berjumlah 21 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor rata-rata tes hasil belajar siswa adalah 78,04 dengan standar deviasi 11,95, dimana skor minimum yang diperoleh adalah 60 dan skor maksimum adalah 95 dari skor ideal 100. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa yang tuntas secara individual dari 21 siswa yaitu 18 orang atau sebesar 85,71% sehingga memenuhi ketuntasan secara klasikal sedangkan yang tidak mencapai KKM atau tidak tuntas terdapat 3 orang atau 14,29% , (2) rata-rata kategori aktivitas siswa dalam belajar matematika melalui penerapan teknik probing-prompting sebesar 3,5 (tergolong kategori sangat baik), (3) angket respon siswa menunjukkan 90,48% siswa memberikan respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika. Dari hasil penelitian tersebut dapat dilihat bahwa ketiga indikator efektifitas terpenuhi sehingga disimpulkan bahwa teknik probing-prompting efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IVc SD Inpres Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Keywords


pembelajaran efektif, teknik probing-prompting

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Bandung: Rineka Cipta.

Anwar, Fajar. 2010. Keefektifan Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Teknik Probing-Prompting pada Siswa SMP Negeri Sinjai Timur. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM.

Aqib, Zainal dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SMP, SMA, dan SMK. Bandung: CV Yrama Widya.

Cahya, Nurindah. 2011. Kelebihan dan Kekurangan Probing-Prompting. (online), (http://id.shvoong.com/social-scienses/education/2201100-kelebihan-dan-kekurangan-probing-prompting/, dieksis tanggal 18 April 2017.

Echols, John M & Shadily, Hassan. 1996. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Fajar, Faris dan Puput Wanarti. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Tanya Jawab Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Kelas X AV di SMK Negeri 2 Surabaya. (online), jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol. 03 No. 01, (http://jurnalpendidikanteknikelektro.com, diakses tanggal 18 April 2017.

Gloria, Ria Yuli. 2008. Efektifitas Teknik Probing dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan hasil Belajar pada Siswa SMA. (online), (http://tesisteknikprobing.com, diakses tanggal 18 April 2017.

Hasmiati, 2013. Efektifitas Pembelajaran Matematika Realistik dengan Setting Kooperatif Tipe Team and TGT Materi Volume Bangun Ruang pada Siswa Kelas IV SD Inpres Bakung 2. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.

Hasyim, Hadi Muttaqin. 2010. Tujuan Pembelajaran Matematika. (online), (http://www.tujuanpembelajaranmatematika.com, diakses tanggal 20 Mei 2017.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jahyanti, Ni Md Dwi, dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together dengan Teknik Probing-Prompting Terhadap hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV, (online), (http://www.jurnalteknikprobingprompting.com, diakses tanggal 18 April 2017.

Karmawati, 2008. Hakikat Matematika, (online), (http://karmawati.blogspot.com/2008/01/hakikat-matematika.html/, diakses 16 Mei 2017.

Nur, Indah Sari. 2014. Perbandingan Keefektifan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Model Student Fasilitator and Expalining dalam Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Kuadrat pada Siswa Kelas X SMA Unggulan Muhammadiyah Limbung Kabupaten Gowa. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FKIP Unismuh Makassar.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, Nana, 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindu.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabet.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Wahab, Jufri. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Mataram: Pustaka Reka Cipta.

Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i2.3935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 kristiawati kristiawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.