MENINGATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS DAN MATHEMATICS) BERBASIS DARING
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan hasil yang diperoleh dari peningkatan Pemahaman Konsep siswa dengan diterapkannya menggunakan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts Dan Mathematics) dengan langkah-langkah pendekatan STEAM yang terdiri dari (1) Reflection, 2 (Research), (3) Discovery, (4) Application , (5) Communication. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus yang mana pada tindakan siklus II dilakukan melalui metode daring. Instrument penelitian dilengkapi dengan pengumpulan data berupa hasil tes,
lembar observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan peningkatan yang dimana hasil awal memperoleh 29% meningkat menjadi 67%, terdapat peningkatan 38% dari hasil pretes ke siklus I, kemudian setelah dilakukan tindakan siklus II hasil dari pemahaman konsep siswa
meningkat menjadi persentase 87% peningkatan tersebut memeperoleh persentase 20% dari hasil siklus I sebelumnya. Hasil temuan ini direkomndasikan kepada guru untuk menerapkan pendektan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts Dan Mathematics) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakrta: PT Raja Grafindo Persada.
Ritonga, D. I. (2015). Isu-Isu Kritis Dalam Pendidikan Mengenai Kompetensi Guru/Dosen Pada Abad 21. Generasi Kampus, 8(1), 293–308
DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i2.3677
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Via Arti Oktaviani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.