PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS AKSARA SUNDA MELALUI PENERAPAN MEDIA DARING (APLIKASI PASUNDAN) PADA SISWA SEKOLAH DASAR

tressa siti hardiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan menulis siswa SDN Pakujajar CBM Kota Sukabumi. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan pendekatan PTK ( Penelitian Tindakan Kelas). Penelitan ini dilakukan pada Peserta Didik SDN Pakujajar Kota Sukabumi. Media yang digunakan yaitu menggunakan Media Daring (Aplikasi Pasundan). Hasil yang didapatkan dengan menggunakan media daring (aplikasi pasundan) tingkat menulis siswa kelas V.3 SDN Pakujajar CBM Kota Sukabumi sangat meningkat. Dalam menulis aksara sunda siswa pada siklus I menyatakan bahwa hasilnya  31,43% dan pada siklus II meningkat menjadi  82,86%.


Keywords


Aplikasi Pasundan:pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Aulia, Nurul. 2019. “7 Brand Lokal Ini Tawarkan Koleksi Outfit Lebaran Termodis.” 2019. https://www.idntimes.com/life/women/nurul-aulia/brand-lokal-fashion-lebaran-exp-c1c2/full.

Holida, Siti Maria, Tuti Alawiyah, dan Herlan Sutisna. 2016. “Penerapan Animasi Interaktif Dalam Pengenalan Aksara Sunda.” Jurnal Informatika 1 (2): 111–22. https://doi.org/10.31311/ji.v1i2.39.

Pane, Aprida, dan Muhammad Darwis Dasopang. 2017. “Belajar Dan Pembelajaran.” FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman 3 (2): 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Pratama, Aldi Andika, Ratri Dwi Atmaja, dan I Nyoman Apraz Ramatryana. 2016. “DESAIN DAN ANALISIS PENERJEMAH AKSARA SUNDA DENGAN METODE SPEEDED UP ROBUST FEATURES DAN RADIAL BASIS FUNCTION NEURAL NETWORK Design and Analysis Sundanese Script Translator with Speeded Up Robust Features and Radial Basis Function Neural Network” 3 (3): 4593–4600.

Riansyah, Rizki Rahmat, Youllia Indrawaty Nurhasanah, dan Irma Amelia Dewi. 2017. “Sistem Pengenalan Aksara Sunda Menggunakan Metode Modified Direction Feature dan Learning Vector Quantization.” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi 3 (1): 17–30. https://doi.org/10.28932/jutisi.v3i1.563.

Umi, Tyara, Yuhanis Sarrahdiba, dan Hendy Yuliansyah. n.d. “PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA SUNDA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR ( Studi Kasus SDN Sukasenang ).”




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i2.3671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 tressa siti hardiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.