PENGEMBANGAN MEDIA STORY MAZE GAME DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR

Paramadita Khalifa Garwautami

Abstract


Penelitian ini bertujuann untuk mengembangkan produk permainan edukatif berupa media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring pada siswa di sekolah dasar. Media ini akan membantu siswa lebih semangat dan aktif saat proses pembelajaran dilakukan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan desain penelitian Borg and Gall. Subjek penelitian ini yaitu ahli materi, ahli media, praktisi dan siswa kelas 3 sekolah dasar. Hasil penelitian ini meliputi uji kelayakan produk, uji respon siswa, dan hasil tes keterampilan membaca nyaring siswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, lembar angket dan lembar tes. Aspek yang dinilai dalam validasi kelayakan produk dan respon siswa yaitu komponen kelayakan isi, komponen intruskional, dan komponen teknis. Setelah melakukan uji kelayakan maka media SMG memiliki persentase skor maksimal 50  sedangkan skor komponen kelayakan isi 42,25 dengan kriteria sangat baik, komponen intruskional 45 dengan kriteria sangat baik, dan komponen teknis 46,25 dengan kriteria sangat baik. Respon siswa meiliki memiliki persentase skor maksimal 50  sedangkan skor komponen kelayakan isi 4,3 dengan kriteria sangat baik, komponen intruskional 4,54 dengan kriteria sangat baik, dan komponen teknis 4,68 dengan kriteria sangat baik. Pada hasil belajar keterampilan membaca nyaring siswa terjadi kenaikan pada uji coba 1 dengan skor gain 0,4 dengan kategori kenaikan sedang dan uji coba coba 2 dengan skor gain 0,3 dengan kategori kenaikan sedang.

Keywords


Membaca Nyaring, Media Story Maze Game

Full Text:

PDF

References


Rifa, I. (2012). Koleksi Game Edukatif di Dalam dan Luar sekolah. FlashBook.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i2.3668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Paramadita Khalifa Garwautami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.