STUDI LITERATUR: TANGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI

Nasisah Nada Mufti, Oyon Haki Pranata, Muhammad Rijal Wahid Muharram

Abstract


Tangram adalah suatu permainan dari China berbentuk puzzle yang terdiri dari tujuh keping bangun datar yang diantaranya terdapat lima buah segitiga, satu buah persegi, dan satu buah jajar genjang. Ketujuh kepingan tersebut disusun dan ditempel sehingga dapat membentuk berbagai pola seperti gambar kucing, ikan, rumah, dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat dari permainan Tangram ketika digunakan sebagai media pembelajaran geometri. Metode dari penelitian ini adalah melalui studi literatur. Data yang diperoleh dikompulasi, dianalisis, dan disimpulkan sehingga mendapatkan kesimpulan dari beberapa penelitian terdahulu untuk menjawab bagaimana efek atau manfaat dari permainan Tangram ketika digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa permainan Tangram memiliki beberapa manfaat ketika digunakan dalam pembelajaran geometri, yakni: 1) Meningkatkan kreativitas siswa; 2) Meningkatkan pemahaman konsep geometri pada siswa; 3) Menjadi media visualisasi bangun datar yang konkret untuk siswa; 4) Meningkatkan minat belajar siswa pada proses pembelajaran bangun datar; 5) Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan berbagai manfaat tersebut, permainan Tangram dapat digunakan sebagai media pembelajaran geometri khususnya materi bangun datar. Oleh karena itu, disarankan pada penelitian selanjutnya untuk dapat mengembangkan permainan Tangram untuk pembelajaran geometri di sekolah.


Keywords


studi literatur; Tangram; media pembelajaran; geometri

Full Text:

PDF

References


Aminah, S. (2012). Penggunaan Media Tangram Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Bangun Datar Siswa Kelas V SD N Winong Tahun Ajaran 2011/2012. (Skripsi). Surakarta: FKIP UNS

Apriliani, T. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Tangram Dengan Penerapan Model Paikem. Journal of Elementary Education, 2 (2) hlm. 38-44.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Bohning, G. dan Althouse, J. (1997). Using Tangrams to Teach Geometry to Young Children. Early Childhood Education Journal, 24 (4) hlm. 239-244.

Irawan, Priyatama, dan Fitriyani. (2020). Permainan Tangram Terhadap Berfikir Kreatif pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Intervensi Psikolog, 12 (1) hlm. 37-49.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dengan Studi Literatur. Diakses dari: osf.io/efmc2

Mursalin. (2016). Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Sekolah Dasar Berorientasi Teori Belajar Piaget. Jurnal Dikma, 4 (2) hlm. 250-258.

National Council of Teachers of Mathematics. Executive Summary: Principles and Standards for School Mathematics. [Online]. Diakses dari: https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf

Rahmani, W & Widyasari, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Media Tangram. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4 (2) hlm.103-116

Russell, D. dan Bologna, E. (2014). Teaching Geometry with Tangrams. The Arithmetic Teacher, 30 (2) hlm. 34-38.

Siew, Chong, & Abdullah. (2013). Facilitating Students’ Geometric Thinking Through Van Hiele’s Phase-Based Learning Using Tangram. Journal of Social Sciences, 9 (3) hlm. 101-111.

Suryani, N., Setiawan, A., Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i2.3566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nasisah Nada Mufti, Oyon Haki Pranata, Muhammad Rijal Wahid Muharram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.