PERENCANAAN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MAJAMEN SEKOLAH INKLUSIF
Abstract
Instructional planning of children with special needs is a complex task and an important thing to do before learning implementation. The research aimed to obtain data and information about instructional planning in an inclusive school. The kind of research is qualitative. This research is done in SD Negeri 33 Payakumbuh is one of inclusive primary school at Payakumbuh. Subjects in this research are principal, teachers, and shadow teachers. Data in this research was collected by observation, interview, and documentation study. Data were analyzed through three stages: data reduction, data presentation, and conclusion. The result showed Instructional planning of children with special needs at SDN 33 Payakumbuh has not been carried out to the maximum. There are still several activities that are not well done by teachers and shadow teachers including identification, assessment, and curriculum modification.
Perencanaan pembelajaran Anak Kebutuhan Khusus (ABK) adalah tugas yang kompleks dan hal penting yang harus dilakukan sebelum melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang perencanaan pembelajaran di sekolah inklusif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 33 Payakumbuh adalah salah satu sekolah dasar inklusif di Payakumbuh. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan Guru Pendamping Khusus (GPK). Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembelajaran ABK di SDN 33 Payakumbuh belum terlaksana secara maksimal. Masih ada beberapa kegiatan yang tidak dilakukan dengan baik oleh guru dan GPK terutama identifikasi, asesmen, dan modifikasi kurikulum.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bahagian Pendidikan Khas. (2013). Garis Panduan Program Pendidikan Inklusif Murid Berkeperluan Khas. Edisi Percubaan.
Daimah, D. (2018). Pendidikan Inklusif Perspektif QS. Al-Hujurat Ayat 10-13 Sebagai Solusi Eksklusifisme Ajaran Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah. Https://Doi.Org/10.25299/Althariqah.2018.Vol3(1).1837
Devine, B. (2007). Asset Management. In Workplace Strategies And Facilities Management. Https://Doi.Org/10.4324/9780080521299
Firdaus, E. (2010). Pendidikan Inklusif Dan Implementasinya Di Indonesia. Disampaikan Dalam Seminar Nasional Pendidikan Di Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto, 24 Januari 2010.
Garnida, D. (2011). Peran Guru Pembimbing Khusus Di Sekolah Inklusif. Inklusi.
Hapsari, M. I. (2015). Identifikasi Permasalahan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus Dan Penanganannya. Psycho Idea.
Hashimov, E. (2015). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook And The Coding Manual For Qualitative Researchers. Technical Communication Quarterly. Https://Doi.Org/10.1080/10572252.2015.975966
Huberman, A., & Miles, M. (2012). Understanding And Validity In Qualitative Research. In The Qualitative Researcher’s Companion. Https://Doi.Org/10.4135/9781412986274.N2
Kristiawan, M., & Rozalena. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. Jmksp (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan).
Mahabbati, A. (2014). Kebijakan, Implementasi Dan Isu Strategis Pendidikan Bagi Individu Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Islam. Https://Doi.Org/10.14421/Jpi.2014.31.31-46
Mayasari, M. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Inklusi. Https://Doi.Org/10.14421/Ijds.030101
Miles, M. B., & Huberman, M. A. (2012). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. In Universitas Indonesia_UI Press.
Rusilowati, A., Kurniawati, L., Nugroho, S. E., & Widiyatmoko, A. (2016). Developing An Instrument Of Scientific Literacy Asessment On The Cycle Theme. International Journal Of Environmental And Science Education.
Sanjaya, W. (2015). Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana,Prenadamedia Group.
Sudarto, Z. (2017). Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik). Https://Doi.Org/10.26740/Jp.V1n1.P97-106
Suhartono, T. (2019). Manajemen Sekolah Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Di Sekolah K-Link Care Center Jakarta). Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam. Https://Doi.Org/10.32832/Tawazun.V11i2.1673
Sulistyadi, H. K. (2014). Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Layanan Pendidikan Inklusif Di Kabupaten Sidoarjo. Kebijakan Dan Manajemen Publik.
Wijayanti, R., & Akbar, M. R. (2018). Asesment Model Strategi Coping Orangtua Murid Untuk Permasalahan Anak Usia Dini. Jurnal Inspirasi Pendidikan. Https://Doi.Org/10.21067/Jip.V8i1.2246
Yuniarti Suhendi, H., Ali Ramdhani, M., & S. Irwansyah, F. (2018). Verification Concept Of Assesment For Physics Education Student Learning Outcome. International Journal Of Engineering & Technology. Https://Doi.Org/10.14419/Ijet.V7i3.21.17181
DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i1.3085
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Aslina Roza, Rifma Rifma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.