Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Murid Kelas V SDN no. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar

Ade Irma Suryani, Syahribulan K, Magfirah Mursalam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial murid kelas V SDN No. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Subyek dalam penelitian ini adalah murid kelas V SDN No. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas V sebelum digunakan metode mind mapping adalah 66.8 dan hasil belajar setelah digunakan metode mind mapping adalah 81,2. Angka tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial murid kelas V SDN No. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar dan hasil uji hipotesis (t-tes) menunjukkan angka signifikansi 0,000 dengan demikian hipotesis h1 dalam penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial murid kelas V SDN No. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar.


Keywords


Metode Mind Mapping; Hasil Belajar; dan IPS

Full Text:

PDF

References


Baharuddin, & Wahyuni Esa. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Buzan, Tony. 2012. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kusdaryani, Wiwik & Trimo. 2013. Landasan Kependidikan. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Nurochim. 2013. Perencanaan Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.

Olivia, Femi. 2008. Gembira Belajar Dengan Mind Mapping Bantu Anak Menguasai Senjata Rahasia Para Jenius Untuk Melejit Prestasi di Sekolah. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Sugiarto, Iwan. 2011. Mengoptimalkan Daya Kerja Otak dengan Berpikir Holistik dan Kreatif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Suprihatiningsih. 2016. Perspektif Manajemen Pembelajaran Program Keterampilan. Yogyakarta: Deepublish.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Windura, Sutanto. 2013. Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v4i2.2373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.