PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA DONGENG SISWA KELAS III SD

Munirah Munirah, Aliem Bahri, Fatmawati Fatmawati

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan media gambar seri berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerita dongeng siswa kelas III SD Negeri 37 Pa’rasangang Beru Kabupaten Bantaeng ? Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan desain “One Group Pretest Posttest Design”.

Berdasarkan hasil analisis data, terlihat bahwa nilai pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap keterampilan menulis cerita dongeng siswa kelas III SD Negeri 37 Pa’rasangang Beru sebesar 2,889. Berdasarkan nilai t hitung tersebut dapat dibandingkan dengan nilai t tabel db = N-1 = 35 – 1 = 34. Jadi, db 35 – 1 = 34 dan t = 0,05 ( tabel terlampir). Sementara, t hitung = 2,889 dan t tabel = 1,690. Dengan demikian, t hitung > t tabel. Perbandingan hasil kemampuan pretes dan posttes menunjukkan bahwa nilai t hitung sebanyak 2,889 > nilai t tabel 1,690. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan diterima.

Hipotesis diuji dengan statistik uji t, yaitu media gambar seri berpengaruh digunakan dalam keterampilan menulis cerita dongeng siswa kelas III SD Negeri 37 Pa’rasangang Beru Kabupaten Bantaeng.


Keywords


Media gambar seri; keterampilan menulis cerita dongeng

Full Text:

PDF

References


Angkowo, R. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Grasindo

Arsyad, A. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada

Baharuddin, Adam. 2010. Penggunaan Media Gambar Seri dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Siswa di Kelas III SDN 4 Pare Pare.Skripsi. Universitas Negeri Makassar

Depdiknas. 2003, Undang – undang SisdiknasS. Jakarta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Heinich, Robert, dkk. 2002. Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey : Prenrice Hall

Kusumaningsih, Dewi dkk. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Andi

Khaeruddin, Akib Erwin. 2009. Metodologi Penelitian. Makassar: Berkah Utami.

Munirah, 2018. Evaluasi Keterampilan Berbahasa Indonesia. Makassar: Berkah Utami.

Musfiqon, HM. 2012. Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiarto, Eko. 2009. Mengenal Dongeng dan Prosa Lama. Yogyakarta : Pustaka Widyatama

Soeharto, Karti. 2003. Teknologi Pembelajaran (Pendekatan Sistem, Konsepsi, dan Model, SAP, Evaluasi, Sumber Belajar dan Media). Surabaya : Surabaya Intellectual Club

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Purwandari Susi, 2012. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Penggunaan Media Gambar Seri pada Siswa Kelas 4 SD Mangir Lor Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul. Skripsi. Universitas Indonesia

Purwanto, 2007. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surakarta : Pustaka Pelajar

Rohani, Ahmad. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Tim Penyusun FKIP Unismuh Makassar. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: FKIP Unismuh Makassar.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis. Bandung : Angkasa




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v4i2.2372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.