Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Di SD

Bellona Mardhatillah Sabillah, R. Supardi, Muh. Indrabudiman

Abstract


Learning outcomes are affected by various factors, one of them is that the student's own factor and other supporting factors that determine the continuation of effective and creative learning processes. Using media in teaching and learning activities still uses simple media such as images and text resulted on not optimum students' absorption of the material delivered by the teacher. Multimedia learning presents information that is fun, interesting, easy to understand, and clear. Information will be understood easily becauseit involved most senses like ears and eyes that are used to absorb that information. This study aimed at describing  the use of multimedia learning, determining the social studies learning outcomes, andtesting the effect of multimedia learning on social studies learning outcomes in SD InpresToddopuli Makassar. This research was conducted in SD InpresToddopuliMakassar from April to July 2019. This is Experimental Research with Pre Experimental types which aimed at examining the effect and revealing the use of multimedia for students' social studies learning outcome.The result of this study can be presented in forms of mandatorypublication and additional publication. Mandatory publication will be in form of national journal that is not accredited and additional publications will be in form of proceedings and textbooks with ISBN. The results of the research are expected to be part of information and contributions for government or parties related to the support of learning improvement for SD InpresToddopuli Makassar.

 

Ketercapaian hasil belajar sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya yaitu faktor siswa itu sendiri dan faktor pendukung lainnya yang menentukan berlangsungnya rangkaian proses pembelajaran secara efektif dan kreatif. Penggunaan media dalam kegiatan belajar mengajar masih menggunakan media sederhana seperti gambar dan teks, sehingga kurangnya daya serap siswa terhadap materi yang disampaikan guru. Multimedia pembelajaran menyajikan informasi dalam bentuk yang menyenangkan, menarik, mudah dimengerti, dan jelas. Informasi akan mudah dimengerti karena sebanyak mungkin indera terlibat, terutama telinga dan mata, digunakan untuk menyerap informasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk gambaran penggunaan multimedia pembelajaran, untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPS, serta menguji pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar IPS siswa SD Inpres Unggulan Toddopuli Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Unggulan Toddopuli Kota Makassar, dengan waktu penelitian mulai dari April sampai dengan Juli 2019. Penelitian yang digunakan adalah Eksperimental Research dengan jenis Pre Eksperimental, yang mengkaji pengaruh dan mengungkap penggunaan multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini dapat memberikan keluaran wajib dan keluaran tambahan, dimana pada keluaran wajib berupa jurnal nasional yang tidak terakreditasi dan keluaran tambahan berupa prosiding dan buku ajar ber ISBN. Hasil penelitian nantinya diharapkan dapat menjadi bagian informasi dan sumbangan pemikiran terhadap arah kebijaksanaan yang akan ditempuh oleh pemerintah atau instansi terkait sehubungan dengan upaya peningkatan prestasi belajar siswa SD Inpres Unggulan Toddopuli Kota Makassar.


Keywords


Penggunaan Multimedia; Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Aloraini, S. 2012. “The impact of using multimedia on students’ academic achievement in the College of Education at King Saud University”. Journal of King Saud University - Languages and Translation. Volume 24, 2210-8319, Issue 2, July 2012, Pages75-82

Arsyad, Azhar. 2005. Media Pengajaran. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: PT RinekaCipta.

Molina, I. A. dkk. 2018. “evaluating multimedia learning materials in primary education using eye tracking”. Computer Standards & InterfacesVolume 59, 0920-5489, August 2018, Pages45-60.

Santrock, J.W. 2007. Psikologi Pendidikan (edisi kedua). (Penerj. Tri Wibowo B.S). Jakarta:Kencana.

Saryono. 2013. “Pemanfaatan multimedia komputer dalam pembelajaran di SD Negeri IV Wonogiri Kecamatan Wonogiri I”. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas MaretSurakarta.

Sudjana, N. 2006. Penilaian Proses Belajar-Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Administrasi Metode R&D. Bandung:Alfabeta.

Supartini. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Kreativitas Guru terhadap Prestasi Belajar Peserta didik Kelas Tinggi di SDN Mangunharjo 3 Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) Volume 10 No 2 (2016) 277-293 ISSN (Print):1858-4985http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI.

Syah, Muhibbin. 2001. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Syata, M.W. 2018. “Pengaruh penggunaan multimedia dan kreatifitas guru terhadap prestasi belajar ekonomi peserta didik pada Jurusan IPS SMA Negeri 5 Makassar”. Tesis. Makassar: Universitas NegeriMakassar.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem PendidikanNasional.

Uzer, Moh. Usman. 2016. Menjadi Guru Profesional. Bandung: RemajaRosda karya




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v4i2.2369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.