Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui Metode Inquiri pada Murid Kelas V

Muh Khaedar, Syamsul Alam

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menggunakan metode inquiri pada murid kelas V. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang didesain melalui penelitian tindakan kelas (class room action research). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus dilaksanakan 4 kali pertemuan. Hasil yang dicapai secara kuantitatif yaitu: (1) Pada siklus pertama diperoleh nilai rata-rata hasil belajar murid kelas V SDN. No 38 Janna-Jannaya Kec. Sinoa Kab. Bantaeng yaitu 61,15 (2) Pada siklus kedua diperoleh nilai rata-rata hasil belajar murid kelas V SDN. No 38 Janna-Jannaya Kec. Sinoa Kab. Bantaeng lebih tinggi yang mencapai 80,03 sehingga dapat disimpulkan peningkatannya mencapai 18,88. Terutama pada perubahan sikap, motivasi, antusias, dan hasil belajar murid dalam memahami materi. Jadi, penggunaan metode inquiri pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) murid kelas V SDN. No 38 Janna-Jannaya mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa metode inquiri dapat mengubah pola belajar murid dari kurang aktif menjadi lebih aktif dan lebih termotivasi dalam mempelajari IPA.


Keywords


Hasil belajar; Ilmu Pengetahuan Alat; Metode Inquiri.

Full Text:

PDF

References


Brown, James W., Richard B. Lewis & Fred F. Harcleroad.(1985). AV Instruction, Technology Mediaand and Menthods. MeGraw-Hill Book Company, London.

Bell Gredler, Margaret E. (1991), Belajar dan membelajarkan. CV Rajawali Bekerja sama dengan PAU-UT, Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kurikulum 2004 Standar kopetensi Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta.

Nana Sudjana, 1990, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nana Sudjana, 2002, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo

Ngalim Purwanto, 1998, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: PT. Remaja Rosda karya

R.M. Soelarko, 1995, Audio Visual Media Komunikasi Ilmiah Pendidikan Penerangan, Binacipta Tim Penulis Psikologi Pendidikan,

, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: UPT IKIP Yogyakarta

Suyanto. 2002. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Refleksi Pengajaran. Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Sukayati. 1998. Pembelajaran Terpadu (Ringkasan dan Refleksi). Makalah tidak dipublikasikan. Malang: Program Pasca Sarjana IKIP Malang.

Supamo, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan, Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Uzer Usman dan Lilis Setyawati, 1993, Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Tim Pengembang PGSD. 1997. Pembelajaran Terpadu D-D PGSD dan S-2 Pendidikan Dasar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Tim. 2003. Kurikulum 2004 Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v4i2.2368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muh Khaedar, Syamsul Alam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.