PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL MAKDANDA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK RAHMAT KABUPATEN GOWA

M. Yusran Rahmat

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan motorik kasar anak usia dini sebelum dan setelah diterapkan permainan tradisional makdanda serta mengetahui peningkatan kemampuan motorik kasar anak usia dini setelah diterapkan permainan tradisional makdanda pada peserta didik Taman Kanak-Kanak Rahmat Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Sampel diperoleh dari seluruh populasi yang ada sebesar 20 anak. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan uji N-Gain untuk melihat peningkatan kemampuan motorik kasar peserta didik. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis  menggunakan uji beda Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan motorik kasar anak usia dini di taman kanak-kanak rahmat Kabupaten Gowa dengan menggunakan permainan tradisional makdanda. Adapun tabel nilai Thitung yang diperoleh yaitu 102 dan Ttabel yaitu 21 maka diperoleh hasil Thitung (102) > Ttabel (21), H1 diterima dan H0 ditolak yang artinya ada pengaruh permainan tradisional makdanda terhadap kemampuan motorik kasar anak sedangkan nilai Zhitung  yang diperoleh yaitu 3,1 dan Ztabel yaitu 1,645 maka diperoleh hasil Zhitung (3,1) > Ztabel  (1,645), H1 diterima H0 ditolak yang artinya ada pengaruh permainan tradisional terhadap kemampuan motorik kasar.

 

Kata kunci: Permainan Tradisional Makdanda, Kemampuan Motorik Kasar.

 

 

The purpose of this study was tu describe the gross motoric abillities of early childhood before and after the application of traditional game makdanda and to know the improvement in groos motoric skill of early childhood after the application of traditional games makdanda to Rahmat District Kindergarten Gowa. This study was a pre-ekperiment with design of One Group Pretest-Posttes Design. Samples were obtained from the entire population is 20 children. Data collction is done through observation techniques which are then analyzed using the N-gain test to see students gross motor skills improve. Based on the result of testing the hyppothesis using a different test Wilcoxon show that there is an influence of gross motor skills of early shildhood in gowa distric by using traditional games makdanda. As for the calculated Tvalue which is 102 and Ttable is 21, there result are obtained Tvalue (102) > Ttable (21), H1 accepted and H0 rejected which means that there is an infulence of traditional games makdanda on the gross motoric Skill of children while the calculated Zvalue obtained are 3,1 and Ztable which are 1,645, whic is obtained Zvalue (3,1) > Ztable (1,645), H1 accepted and H0 rejected which means that there is an infulence of traditional games makdanda on the gross motoric Skill of children.

 

Key words: Traditional Games Makdanda, Gross Motoric Skill


References


Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif Dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Garfindo Persada.

Beaty Janice J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenamedia.

Hafid, M. Yunus, DKK. 1997. Pembinaan Nilai-Nilai Budaya Melalui Permainan Daerah Sulawesi Selatan. Ujung Pandang: CV. Maju Jaya Ujung Pandang.

Yus, Anita. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Pernada Media Group.

Muliawan, Jasa Ungguh. 2009. Tips Jitu Memilih Permainan Positif Dan Kreatif Untuk Anak Anda. Banguntapan Jogjakarta: Diva Press.

Danandjaya, James. 1980. Folklor Indonesia. Jakarta: Grafiti.

Hafid, M. Yunus, DKK. 1997. Pembinaan Nilai-Nilai Budaya Melalui Permainan Daerah Sulawesi Selatan. Ujung Pandang: CV. Maju Jaya Ujung Pandang.

Triyono. 2005. Pintu- Pintu Pendidikan Kontekstual Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembimbing Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Dimyati, Johni. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Mahendra & Saputra , Y. M. 2006. Perkembangan Dan Belajar Motorik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nurani, Yuliani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sujiono, Bambang. 2013. Metode Pengembangan Fisik. Banten: universitas terbuka.

Sutrisno, Dan Harjono, Hary Soerdarto. 2005. Pengenalan Alam Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Santrock, John W.2002. Life Span Development Perkembangan Masa Hidup Edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Tiro, Muhammad Arif. 2008. Dasar-Dasar Statistika. Makassar: UNM Ujung Pandang.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v4i1.1733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 M. Yusran Rahmat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.