Peningkatan Hasil Belajar Ipa Konsep Sifat-Sifat Cahaya melalui Metode Eksperimen pada Murid Kelas IV SDI Garaupa Kecamatan Pasilambena Kabupaten Selayar

Husnaeni Husnaeni, Ernawati Ernawati, Marliah Bakri

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah melalui metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA Konsep Sifat-Sifat Cahaya pada Murid Kelas IV SDI Garaupa Kecamatan Pasilambena Kabupaten Selayar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui metode eksperimen pada proses belajar mengajar murid kelas IV SDI Garaupa Kecamatan Pasilambena Kabupaten Selayar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas IV SDI Garaupa Kecamatan Pasilambena Kabupaten Selayar sebanyak 25 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh murid adalah 68,33 dari 100 nilai yang mungkin dicapai, dan setelah dikelompokkan dalam 5 kategori terlihat bahwa dari 24 orang murid yang menjadi sampel penelitian yang memiliki hasil belajar IPA yang dikategorikan rendah sebanyak 11 orang atau sekitar 45,84%,  yang dikategorikan sedang 0 orang murid atau sekitar 00,00%, yang dikategorikan tinggi 9 orang murid atau sekitar 37,5% dan terdapat yang memiliki nilai sangat tinggi 4 orang murid atau 16,66%. Sedangkan pada siklus II , nilai rata-rata murid meningkat menjadi 79,33 dan setelah dikelompokkan dalam 5 kategori ternyata dari 24 orang kelas IV SDI N0. 8 Garaupa yang menjadi sampel penelitian tidak ada seorang pun murid yang memperoleh nilai yang dikategorikan sangat rendah. Pada kategori sangat tinggi dan kategori tinggi terdapat masing-masing 12 orang murid atau sekitar 50%. Pada kategori sedang terdapat 0 murid atau 0%, pada kategori rendah  dan sangat 0 murid atau 0%. Setelah dikategorisasikan ke dalam lima kategori, diketahui bahwa tingkat penguasaan kelas IV SDI No. 8 Garaupa Kecamatan Pasilambena Kabupaten Kepulauan Selayar pada siklus II berada dalam kategori sangat  tinggi. Setelah pelaksanaan siklus II meningkat dengan kategori sangat tinggi dan rata-rata hasil belajar murid meningkat.   Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas, dapat disimpulkan hasil belajar IPA murid kleas IV SDI Garaupa Kecamatan Pasilambena Kabupaten Selayar melalui penerapan metode eksperimen mengalami peningkatan.

 

Kata kunci: Peningkatan, Hasil Belajar, Metode Eksperimen, dan Konnsep Sifat- Sifat Cahaya

Full Text:

PDF

References


Dimyanti. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. 1999. Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan (KTSP) Mata Pelajaran SAINS SD/MI. Jakarta: Depdiknas

Kamara, Dkk. 2002.Strategi Belajar Tuntas. Dep. Pendidikandan Kebudayaan. Snjarindo. Sulawesi Selatan

Khaeruddindan Sujiono, E. H. 2005. Pembelajaran Sains (IPA) Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi.Makassar : BadanPenerbit Makassar

Muslich Masnur.2010. Penelitian Tindakan Kelas itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara

Muhibbin. 2008. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Belajar Tuntas Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Skripsi. FIP Universitas Negeri Makassar

Slameto. 2003. Belajardan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta.

SumatowaUsman. 2006. Bagaimanapembelajaran IPA di SD. Jakarta :Depdikbud. DirektoratDikti

Suryabrata, Sumardi. 1984. Psikologi Pendidkan. Jakarta. Armico

TiroArif M. 2004.Dasar-dasar Statistik.Makassar: Andira Publisher

Vessel, M.F. 1965.Elementary School Science Teaching. New Delhi: Pentice-Hall of India, Ltd.

Asmani Jamal Ma’mur. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Laksana

Administrasi Tata Usaha. SDI No. 8 Garaupa Kematan Pasilambena Kabupaten Kepulaun Selayat.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i2.1422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Husnaeni Husnaeni, Ernawati Ernawati, Marliah Bakri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.