Pengaruh Penggunaan Media Poster Dalam Menulis Karangan Narasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sd Negeri 77 Kanaeng Kabupaten Takalar

Hildayanti Hildayanti, Andi Sukri Samsuri, Tarman A Arief

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, desain penelitian jenis one group pre test posttest design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Poster dalam Menulis Karangan Narasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 77 Kanaeng Kabupaten Takalar tahun ajaran 2016/2017. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 20 orang. Penelitian dilaksanakan selama 8 kali pertemuan.  Hasil analisis statistik inferensial menggunakan rumus uji t, diketahui bahwa nilai t Hitung yang diperoleh adalah 10.80 dengan frekuensi db = 20 –1 = 19, pada taraf signifikan = 0,05 diperoleh t Tabel =2.093 Jadi, t Hitung > t Tabel atau Hipotesis nol (H0) ditolak dan Hipotesis alternative (H1) diterima. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media poster dalam menulis karangan pada pembelajaran bahasa Indonesia mempunyai pengaruh dari pada sebelum menggunakan media poster.

 

Kata kunci: media poster, menulis karangan narasi.


Full Text:

PDF

References


Anitah, Sri. 2011. Strategi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hasbullah. 2009. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Puspitasari. 2011. Penggunaan Media Poster untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN Sumbersari. Malang: Universitas Negeri Malang

Risqi, Ahmad. 2015. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan Menggunakan media Poster pada Peserta Didik Kelas III SD Negeri 1 Kaladan Jaya. Palangkaraya: Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.

Sadiman, Arief. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali dan Pustekkom Dikbud.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Pramedia Grup.

Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdikarya.

Sumanto. 2014. Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Jakarta: PT Buku Seru.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rhineka Cipta.

Sisdiknas. 2006. Himpunan Peraturan Perundang-Undangan UU No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Fokus Media

Vadri, Kalapati. 2013. Kemampuan Menulis Karangan Persuasif Melalui Media Poster pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Tandjungpinang . Tandjungpinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Wasliman, I. 2007. Problematika Pendidikan Dasar. Bandung: Sps-Upi

Wakhyu. 2013. Penggunaan Media Poster untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Peserta Didik Kelas VI. Lampung: Universitas Lampung




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i2.1418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Hildayanti Hildayanti, Andi Sukri Samsuri, Tarman A Arief

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.