Pengaruh Penggunaan Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Murid Kelas III Sd Inpres Bontokanang Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian Pra-eksperimen bentuk pretest dan Postest Desain yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaanya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol) yang bertujuang mengetahui pengaruh penggunaan gambar seri terhadap keterampilan menulis cerita murid kelas III SD Inpres Bontokanang Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar tahun ajaran 2016-2017. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah murid kelas III sebanyak 20 orang. Penelitian dilaksanakan selama lima kali pertemuan. Keberhasilan proses pembelajaran ditinjau dari aspek yaitu: keterampilan ketuntasan hasil belajar bahasa Indonesia murid secara klasikal, aktifitas siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Pembelajaran dikatakan berhasil jika aspek diatas terpenuhi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah data skor perolehan hasil keterampilan menulis cerita murid yang dikumpulkan dengan menggunakan test melalui media gambar seri, data tentang aktifitas murid dalam pembelajaran bahasa Indonesia dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar murid. Hasil analisis stastistik deskriptif penggunaan media gambar seri terhadap keterampilan menulis cerita murid positif, keterampilan menulis cerita murid dengan menggunakan media gambar seri menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dari pada sebelum diterapkan media gambar seri. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan rumus uji-t , diketahui bahwa nilai t Hitung yang diperoleh adalah 9, 30 dengan frekuensi db = 20-1 = 19, pada taraf signifikansi 5% diperoleh t Tabel = 2,09. Jadi, t Hitung > t Tabel atau hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (H1) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh penggunaan gambar seri terhadap keterampilan menulis cerita murid kelas III SD Inpres Bontokanang Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar.
Kata Kunci: Eksperimen, Gambar Seri dan Keterampilan Menulis Cerita
Full Text:
PDFReferences
Abduh, Amir 2007. Media Pembelajaran. Makassar: PGSD.
Arikunto,suharsini 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Abdurahman dan Waluyo. 2000. Pendidikan Anak Bermasalah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Akhadiah.1991. Menulis 1. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arsyad, Azhar. 1995. Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.
Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pengajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Halik, Abdul dan Muh. Faisal. 2008. Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Makassar PGSD.
Latuheru, John D. 2003. Media Pengajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak yang Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sunarti, Subana. 2006. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: PT Pustaka Setia.
Suparno dan Yunus.2007. Ketrampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sudjana, dkk. 1990. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
Syafi’Ie, Iman. 1999. Pengajaran Membac dan menulis di Kelas Awal Sekolah Dasar. Malang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Susanto, Ahmad.2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PrenadaMedia Group.
Tarigan Djago dan H, G, Tarigan. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Uny. 2008. Tujuan Menulis, (online) http:/eprints.uny.ac.id/9902/3//bab%202%20-%2008108247081.pdf. diakses pada tanggal 5 juli 2016.
Uny. 2012. Pengertian Menulis. (online) (http:/eprints.uny.ac.id/8133/3//BAB-%202%20%07201241038.pdf.
diakses pada tanggal 5 juli 2016.
Eviy. 2013. Keterampilan Menulis di SD. (online)
(http://catatacsieviy.blogspot.com/2013/04/keterampilan-menulis-di-sd.html. Diakses pada tanggal 7 juli 2016.
Kelayu. 2014. Manfaat Media Gambar. (online)
(http://milkelayu.blogspot.com/2014/01/normal-o-false-false-en-usx-none.html. Diakses 7 Juli 2016.
Tim Prima Pena. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gita Media Pres.
Wibawa, Basuki dan Mukti, Farida. 1992. Media Pengajaran. Jakarta: PT.
DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i2.1417
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Herlinda Herlinda, Munirah Munirah, Abdan Syakur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.