Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV

Haswinda Haswinda, Sulfasyah Sulfasyah, Tasrif Akib

Abstract


Desain penelitian ini adalah penelitian Korelasi Product Moment yang melibatkan dua variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui(1) Minat belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SDN 253 Padatuo Kecamatan Tonra Kabupaten Bone, (2) Prestasi Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SDN 253 Padatuo Kecamatan Tonra Kabupaten Bone,  (3) Hubungan Antara Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 253 Padatuo Kecamatan Tonra Kabupaten Bone. Populasi penelitian ini adalah  seluruh siswa SDN 253 Padatuo Kecamatan Tonra Kabupaten Bone pada semester ganjil 2016/2017. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa dari 30 siswa yang menjadi sampel penelitian, maka diperoleh nilai rhitung sebesar 0,531. Dari nilai rhitung yang diperoleh merupakan hasil dari analisis melalui product moment yang diambil dari pengamatan Hubungan Antara Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 253 Padatuo Kecamatan Tonra Kabupaten Bone, sedangkan nilai rtabel dilihat pada taraf signifikan 5%  sebesar 0,361 dengan N = 30. Hal ini membuktikan bahwa nilai analisis data lebih besar dari pada nilai rtabel, maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima dan terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar Terhadap siswa kelas IV SDN 253 Padatuo kecamatan tonra Kabupaten Bone

 

Kata Kunci :Minat belajar, Prestasi belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa indonesia.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ambo Enre. 1985. Prinsip-prinsip Layanan Bimbingan Belajar. FIP.IKIP Ujung Pandang.

Abdulrahman H. Moslow 1984. Fungsi prestasi belajar. Jakarta; Rineka Cipta

Arikunto Suharmini. 1990. Prestasi Belajar. Jakarta ; Bumi Aksara

Abdul Haling, dkk. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM

Arifin, 2012. Minat Belajar (online), No. 1 http://putraews.blogspot.co.id/2012/06/minat-belajar,(diakses17 Mei 2016)

Ahmadi,H.Abu. 1990. Teknik Belajar Yang Efektif.Jakarta: RinekaCipta

AinulFadilah, 2014. Prinsip-PrinsipBelajar. (online), No. 1

http://ainulfadilah.blogspot.co.id/2014/02/normal-0-false-false-

false-en-us-x-none_7517.html, (diakses 13 Mei 2016)..

Anas, Sudijono. 1987. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali.

Arikunto, Suharsimi. 1990. Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.

Badudu, J.S. 1993. Pintar Berbahasa Indonesia.Jakarta: Depdikbud.

Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Depertemen Pendidikan Nasional.Kurikulum(2004:3).StandarKompetensi Mata PelajaranKelas IV SekolahDasardan Madrasah Ibtidaiyah :Jakarta.

Departemen Agama. 2004. Standar Kompetensi Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Islam.

Dimyati,Mudjiono.1999. Belajar dan Pembelajaran .Jakarta: Rineka Cipta.

Elizabeth Hurlock. 1990. ciri-ciri minat belajar. Jakarta; Bumi Aksara

Gagne, 1985. Prestasi belajar, Jakarta; Rineka Cipta

Hasnia yunita. 2009.Hubungan minat belajar dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas V SD inpres parang loe kabupaten Gowa. Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Keraf, Gorys.1979. Komposisi Bahasa Indonesia.Jakarta: Nusa Indah.

Liang Gie, The.1979. Cara Belajar Yang Efesien.Jokjakarta: Gajah Mada University Press.

Mappa, Syamsu. 1977. Apresiasi Pendidikan Lingkungan Sosialdan Prestasi Belajar, Desertasi. Makassar: Fakultas Pascasarjana IKIP Makassar.

Nurgiyantoro, Burhan. 1988. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jokjakarta: Gramedia.

Nasution. 2010. Minat belajar, Jakarta: Bumi Aksara

Rahmiaty. 2010. Korelasi minat belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VI SD inpres 3/77 ujung lamuru kecamatan lappariaja kabupaten bone. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Sardiman,A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slamet. 1988. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.

Syah. 2011. Pengertian minat belajar. Jakarta; Bumi Aksara

Subroto, Edi. Murtono,Sri. 1995. Bahasa Indonesia. Surakarta: PT.Pabela.

Sutisna. 2012. Faktor-faktor yang mempengaruhi Prestasi Belajar. [online]. Tersedia Http:// Sutisna. Com/Artikel/Artikel- kependidikan faktor-faktor yang mempengaruhi –Prestasi belajar(di akses tanggal 29 april 2016)

Tim Penyusun FKIP Unismuh Makassar. 2014. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Panrita Press Unismuh Makassar.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia Ed.3. Jakarta: Balai Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i2.1416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Haswinda Haswinda, Sulfasyah Sulfasyah, Tasrif Akib

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.