Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Pada Murid Kelas V

Hairul Anwar, Syahribulan Syahribulan, Muhammad Basri

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen bentuk Pre Test Post Test Design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial murid kelas V SD Inpres Bontomanai Kota Makassar tahun ajaran 2016. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah murid Kelas V sebanyak 24 orang. Penelitian dilaksanakan selama 5 kali pertemuan. Tahapan penelitian ini yaitu tes awal (pretest), pemberian perlakuan (treatment) dan tes akhir (posttest) Keberhasilan proses pembelajaran ditinjau dari ketercapaian ketuntasan hasil belajar IPS apabila secara klasikal 17 dari 24 murid yang mencapai dan melebihi nilai KKM yaitu (65) 70%, aktivitas murid dalam pembelajaran IPS yaitu 70% murid yang aktif dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data skor perolehan hasil belajar murid yang dikumpulkan dengan menggunakan pretest dan posttest, data tentang aktivitas murid dalam pembelajaran IPS dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar murid. (Terlampir) Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif penerapan model pembelajaran Role Playing (Bermain Peran), hasil belajar murid dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing (Bermain Peran) menunjukkkan hasil belajar yang lebih baik dari pada sebelum diterapkan model pembelajaran Role Playing (Bermain Peran). Hasil analisis statistik inferensial menggunakan rumus uji t, diketahui bahwa nilai t Hitung yang diperoleh adalah 42,70 dengan frekuensi db = 24–1 = 23, pada taraf signifikansi 5% diperoleh t Tabel = 2,14. Jadi, t Hitung > t tabel atau  hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (H1) diterima. Kesimpulan membuktikan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS murid kelas V SD Inpres Bontomanai Kota Makassar.

 

 

Kata kunci: Eksperimen, Model Pembelajaran Role Playing (Bermain Peran)


Full Text:

PDF

References


A.M. Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali press.

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.

B. Uno Hamzah. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksar.

Departemen Agama. 2004. Standar Kompetensi Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Islam.

Departemen Agama. 2004. Proses Pembelajaran IPS di MI/SD.Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Islam.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Effendi, dkk.2009. Pengembangan Pendidikan IPS .Jakarta:Rineka cipta.

Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Berorientasi Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sahabuddin. 2007. Mengajar Dan Belajar. Makassar: Badan Penerbit UNM Makassar.

Sanjaya, Wina. 2008. Startegi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestassi Pustaka.

Tim Pengembang MKDP. 2011. Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta:Rajawali Pers.

Tim Penyusun FKIP Unismuh Makassar. 2014. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Panrita Press Unismuh Makassar.

Biantara Ardian. (2013). Pengaruh penggunaan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa kelas V SD Negeri Blando 3 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Naskah Publikasi. (online).

(http://www.repositori.com.html, diakses 1 Mei 2016).

Syamsu Basri. (2000). Pengertian Model Pembelajaran Role Playing. (online). (http://www.sharingkuliahku.wordpress.com.html, diakses 1 Mei 2016).




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i2.1415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Hairul Anwar, Syahribulan Syahribulan, Muhammad Basri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.