Hubungan Antara Minat Baca dengan Prestasi Belajar Murid Kelas V SD

Nurfadilla Nurfadilla, Rosleny Rosleny

Abstract


Jenis penelitian ini korelasional, pada penelitian ini untuk mengetahui tingkat hubungan antara dua variabel yaitu satu variabel bebas (independent) dan satu variable terikat (dependent). Populasi dalam penelitian ini adalah murid Kelas Va SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota  Makassar tahun pelajaran 2017/2018 dengan  jumlah 28 orang murid dan sampelnya  adalah murid kelas Va dengan  jumlah 28 orang murid. teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, dan prestasi belajar. Data dianalisis dengan menggunakan tekhik kuantitatif. Hipotesis Ha: Terdapat hubungan yang signifikan antara anatara minat baca dengan prestasi belajar murid. Ho: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca dengan prestasi belajar murid. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa: Hasil analisis yang diperoleh secara perhitungan menggunakan persamaan koefisien korelasi produk moment yaitu sebesar 0,465 lebih besar dari nilai koefisien korelasi produk moment pada tabel 0,537 pada taraf signifikan 1%dan 0,381 pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan 23-1 = 28 atau  rhitung­> rtabel dapat disimpulkan bahwa “Ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dengan presstasi belajar murid kelas V SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makssar”, dengan kategori cukup kuat terhadap hasil belajar murid.

Kata Kunci: Minat Baca Dengan Prestasi Belajar Murid

 

ABSTRAK

This type of research is correlational, in this study to determine the level of relationship between two variables ie one independent variable (independent) and one dependent variable (dependent). The population in this study were students of Class Va SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar 2017/2018 academic year with the number of 28 students and the sample is a class student of Va with the number of 28 students. sampling technique using purposive sampling. Data collection techniques were conducted using questionnaires, and learning achievement. Data were analyzed using quantitative technique. Hypothesis Ha: There is a significant relationship between reading interest with student achievement. Ho: There is no significant relationship between reading interest and student achievement. The results of the study provide a description that: The results obtained by calculation analysis using the equation product moment coefficient coefficient of 0.465 is greater than the value of product moment correlation coefficient on the table 0,537 at a significant level of 1% and 0.381 at 5% significant level with degrees of freedom 23-1 = 28 or rhitung¬> rtabel it can be concluded that "There is a positive and significant correlation between reading interest with presstasi learn class V SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makssar", with strong enough category to student learning result.


Full Text:

PDF

References


Anni, Catharina, Tri, dkk. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES press.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (cetakan ke XIII). Jakarta: Rineka Cipta.

Kusuma, R .2011. UJi Asumsi Klasik. (Online) dari (http:// www.hamza-aak.co.cc/2011/06/ uji-asumsi-klasik.html), (18/06/2017).

Mikarsa, 2009. Pendidikan Anak di SD (cetakan ke XIII). Jakarta: Universitas Terbuka.

Mulyani, Nanik. 2006. Pengaruh Motivasi Berprestasi, Kontinuitas Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Murid Kelas XI MA Banat NU Kudus. Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Munib, Achmad, dkk. 2007. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UNNES press.

Musfiroh, Takdiroatun. 2009. Menumbuhkembangkan Baca-Tulis Anak. Jakarta:Grasindo.

Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta:Mediakom.

-. 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Rofi’uddin, Ahmad, dkk. 2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi (cetakan ke II). Malang: Universitas Negeri Malang.

Sanjaya, Ade. 2011. Pengertian, Definisi Hasil Belajar Murid. (online). http://aadesanjaya.blogspot.com/2011/03/pengertian-definisi-hasil-belajar.html,diakses (15/09/2017).

Sanjaya, Ade. 2011. Pengertian Prestasi Belajar. (Diakses) (http://www. Pengertian prestasi belajar) Diakses (15/09/2017)

Santosa, Puji, dkk. 2009. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD (cetakan ke XIII). Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i1.1173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nurfadilla Nurfadilla, Rosleny Rosleny

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.