Penerapan Model Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri Rejang Lebong

Lian Tiara, Pipin Devi Era Santi, Chandra Chandra

Abstract


Abstrak

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model scramble dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Partisipan. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian Kemmis dan Mc Taggart.. Teknik analisis data penelitian ini bersifat kuantitatif dan kualitatif, berupa observasi dan catatan harian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II sebanyak 19 siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terlihat bahwa penerapan model scramble untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Rejang Lebong. Hal ini terlihat dari hasil selama nilai yang didapatkan selama siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada setiap siklus meningkat,hal ini menandakan bahwa penerapan model scramble mampu untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Penerapan, model scramble, Hasil Belajar


Keywords


Penerapan, Model Scramble, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i2.11048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lian Tiara, Pipin Devi Era Santi, Chandra Chandra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.