Efektivitas Metode Jari Tangan (Jarimatika) tehadap Hasil Belajar Matematika Konsep Penjumlahan pada Siswa Kelas I SD Negeri 76 Kasambi Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang

Kristiawati Kristiawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengaktifkan hasil belajar matematika dengan menggunakan jari tangan (jarimatika) pada siswa kelas I SD Negeri 76 Kasambi Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yakni eksperimensemu (Pre-Eksperimental) yang melibatkan satu kelas Eksperimen tanpa adanya Kelas pembandingan (Kelas Kontrol), Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I sebanyak 21 siswa .Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) skor rata–rata hasil belajar matematika pada pretes adalah 60,48,sedangkan skor rata-rata hasil belajar (2) skor rata-rata presentase siswa selama proses pembelajaran matematikaa yang dialami selama dua kali pertemuan adalah 70,71 dengan kriteria efektif ≥ 75%. (3) respon siswa terhadap pembelajaran matematika setelah diterapkan Metode Jari tangan (jarimatika) menunjukkan bahwa rata-rata persentase respon siswa adalah 95,2%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Matematika siswa kelas I SD Negeri 76 Kasambi Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang menggunakan metode jari tangan (jarimatika) efektif digunakan dibandingkan tanpa menggunakan metode jari tangan (jarimatika).


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2008). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosdakarya Offsett.(Online), (https://sumihikmahsari.wordpress.com/2013/10/30/hakikat-pembelajaran-matematikas/), di akses 10 oktober 2017

Zainal Said. 2014. Kebijakan Publik. Jakarta. Salemba Humanika. Online http://krisna1.blog.uns.ac.id/2009/10/19/pengertian-dan-ciri-ciri-pembelajaran/, di akses 23 september 2017

Agus, Suprijono. 2012. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta. Online https://www.google.com/search?client=firefox-b-ab&q=daftar+pustaka+suprijono+2012&oq=daftar+pustaka+suprijono, diakses 10 oktober 2017

Ari Setyaningsih. 2014 Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II. Online dari http://digilib.uin-suka.ac.id/13982/, di akses 05 Mei 2017

Astute,Trivia. 2013. Metode Berhitung Lebih Cepat Jarimatika. Jakarta : Lingkar Media.

Eggen dan Kauchak. 1998. Pembelajaran Efektif. Jakarta: Alfabeta. Online http://krisna1.blog.uns.ac.id/2009/10/19/pengertian-dan-ciri-ciri-pembelajaran/, di akses 19 september 2017

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses dari http://kbbi.web.id. pada

tanggal 11 Agustus 2017.

Nanang,Rianto. 2010 Efektifitas Penggunaan Jarimatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung dalam Sub Bab Operasi Hitung Bilangan Kelas II, di akses 05 Mei 2017

Pitajeng. 2006. PembelajaranMatematika yang Menyenangkan .Jakarta:Depdiknas.online https://abdulhafi.wordpress.com/2009/03/12/ptk-matematika/

Prasetyo, Dwi Sunar, dkk.2008. Pintar Jarimatika. Yogyakarta: Diva Press.

Runtukahu, Tombokan. 1996. Pengajaran Matematika Bagi Anak berkesulitan Belajar. Jakarta :Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sanoto, Herry Untari. 2013 Meningkatkan Hasil Belajar Matematika tentang Operasi Perkalian Melalui Metode Jarimatika. Online dari http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7544, di akses 05 Mei 2017

Septipeni, wulandani. 2007. Jarimatika Perkalian dan pembagian. Jakarta: PT. Kawasan Pustaka

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Silalahi, Alfonsius Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung. PT. Refika Aditama.

Tiro, M. A. 2006. Dasar-Dasar Statistika. Makassar: State University of Makassar Press.

Tim Penyusun FKIP Unismuh Makassar. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi Makassar: Panrita Press Unismuh Makassar.

Wulandani, Septipeni. 2011. Jarimatika Penambahan dan Pengurangan. Jakarta: PT. Kawasan Pustaka




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v2i2.1097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Kristiawati Kristiawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.