Pengaruh Metode Praktikum terhadap Hasil Belajar IPA Konsep Struktur Bagian Tumbuhan pada Murid Kelas IV SDN No. 166 Inpres Bontorita Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar

Irmawanty Irmawanty

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen (Pre-Eksperimental) dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Praktikum terhadap Hasil Belajar IPA Konsep Struktur Bagian Tumbuhan pada Siswa Kelas IV SDN No. 166 Inpres Bontorita Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Metode Praktikum dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan variabel terikat adalah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam murid kelas IV SDN No. 166 Inpres Bontorita Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN No. 166 Inpres Bontorita. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN No. 166 Inpres Bontorita yang berjumlah 20 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan pretest pada awal pertemuan dan posttest pada akhir pertemuan berbentuk soal uraian yang dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode praktikum pada materi konsep struktur bagian tumbuhan. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar IPA pada pretest 57,00 dengan standard deviasi 18,382 sedangkan rata-rata hasil belajar IPA pada posttest 90,00 dengan standard deviasi 10,260. Sedangkan hasil analisis statistik inferensial a=0,05 diperoleh thitung>ttable = 7,183>3,88. Perbedaan antara hasil pretest dan posttest signifikan dan dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, 1998.Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Erlangga

Ali, Mohammad. 2009. Pendidikan Disiplin Ilmu. Jakarta : PT. Imtima

Arends, Richard. 2001. Model Pembelajaran Untuk Mengajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Boud, D.And G. Feletti. 1997. The challenge of problem based learning. London: Kogan Page.

Darsono dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press Diakses pada http://www.kajian pustaka.com. ( 2 Mei 2016 pukul 20.00 WITA).

Dimyanti Mohammad. 1996. Landasan Pendidikan; Ikip Malang

Gagne, R. M. 1992. Principles of Intructional Design.4th edition. San Diego. Brace Javonovich College Publisher.

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Margetson, D. 1994. Current Educational Reform and the Significance of Problem-Based –Learning. Stud. Highe Educ.; 19:5-19.

Purwanto, Ngalim. 1987. Ilmu Pendidikan.Jakarta : Remadja Karya.

Slameto.2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.Jakarta : Rineka Cipta

Slavin, Robert E. 1995.Cooperative Learning. Boston: Allyn and Bacon.

Sudjana, Nana. 1987. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Usaha Nasional.

Sudjana, Nana 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : Sinar Baru Alsegindo

Sudjana, N. 2004.Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Bandung : Sinar Baru Algesindo

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.Jakarta : Kencana




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v2i2.1091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Irmawanty Irmawanty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.