Pengaruh Remedial Lansung terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pemebelajaran Matematika Kelas V Di SD Negeri Sikapa Kabupaten Barru

Damayanti Damayanti, Ernawati Ernawati

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Remedial Lansung  Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Matematika. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2017 di SD Negeri Sikapa Kabupaten Barru dengan memilih 14 orang Siswa sebagai sampel dari kelas V, sedangkan pengumpulan data menggunakan Tes Awal, Tes Akhir dan Dokumentasi. Hasil analisis data pengaruh Remedial Lansung terhadap Hasil belajar Siswa Pembelajaran Matematika terlihat bahwa nilai t hitung  yaitu 11,41 sedangkan t tabel  yaitu 2,16. Oleh karna itu, perbandingan t hitung  dengan t tabel yaitu 11,41>2,16. Dengan demikian dapat diketahui bahwa t hitung   lebih besar dari pada nilai t tabel. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis yaitu: Ada pengaruh Remedal Lansung terhadap hasil belajar pada pembelajaran Matematika kelas V SD Negeri Sikapa Kabupaten Barru. Apabila nilai hitung lebih besar atau sama dengan nilai tabel, maka hipotesis yang berbunyi: tidak ada pengaruh Remedal Lansung terhadap hasil belajar pada pembelajaran Matematika kelas V SD Negeri Sikapa Kabupaten Barru di tolak. Dengan demikian, maka hipotesis alternalitif yang berbunyi: terdapat pengaruh Remedal Lansung terhadap hasil belajar pada pembelajaran Matematika kelas V SD Negeri Sikapa Kabupaten Barru di terima. Hal ini dapat dinyatakan bahwa Hasil belajar Siswa pada pembelajaran Matematika kelas V SD Negeri Sikapa Kabupaten Barru meningkat dengan diterapkannya Remedial Lansung.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Abu dan Ubhiyati Nur,2001 ,Jakarta Ilmu Pendidikan, (PT. Rineka cipta,)

Imron Ali, 2012, Jakarta Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, ( Bumi Aksara)

Cece Wijaya,1996, bandung, Pendidikan Remedial Sarana Pengembangan mutu sumber daya manusia, (PT. RemajaRosdakarya,)

Cholid Narkubo,2001 , jakarta Metologi Penelitian (Bumi Aksara, )

Depdiknas, 2004, jakarta, PedomanKenaikanKelas, (BumiAksara )

Depdikbud,1990,jakarta Kamus Besar Bahasa Indonesea, (PN. BalaiPustaka,)

Dimyati dan Mudjiono, 2002 jakarta BelajardanPembelajaran, (Rineka Cipta)

Mulyasa E.,2003,bandung,bantang ,Kurikulum Berbasis Kompetensi,

Emawati. 2012. Metode Penelitian. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Ahmadi H. Abu, 2004, jakarta, PsikologiBelajar, (RinekaCipta,)

Hartono, 2000 pekanbaru Strategi Pembelajaran, (LSFK2P)

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di SD. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ischank S,W,2002, jogjakarta , Program remedial dalam proses belajar mengajar, (liberty,)

Karso. 2004. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka

Mulyono Abdurrahman,2003.jakarta, Pendidikan bagi Berkesulitan Belajar, (Rineka Cipta,)

Sudjana Nana,2010,bandung, Penilaian Hasil Proses Bealajar Mengajar, (PT. Remaja Rosdakarya,)

Prihandoko, Antonius 2006. Memahami Konsep Matematika Secara Benar Dan Menyajikannya Dengan Menarik. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Slameto, 1999 , jakarta Bimbingan di Sekolah, (PT. BinaAksara,).

Sanjaya, Wina. 2006. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi.Bandung: Kencana.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soemantri, Mulyani dan Permana, Johar. 1998/1999.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.

Arikanto Suhaisimi, 2006, jakarta, Pengelolaan Kelas dan Siswa, (CV Rajawali,)

Suryabrata.2014. Metode Penelitian, Jakarta: Rajawali pers

Slameto, 2003, jakarta Belajardan factor-factor yang mempengaruhinya, (Rineka Cipta)

Soedjaji. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Supatmono, Catur. 2009. Matematika Asyik. Jakarta: Grasindo




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v2i1.1085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Damayanti Damayanti, Ernawati Ernawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.