Hubungan Kedisiplinan Murid dan Pemberian Tugas Rumah terhadap Prestasi Belajar Ipa Kelas IV SD Negeri 100 Salokaraja Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang

Supardi Paturusi, khaeruddin khaeruddin, Hilmi Hambali

Abstract


Tujuan penelitian   ini adalah   untuk   mengetahui signifikansi hubungan antara  : (1)  Kedisiplinan Belajar Murid dengan Prestasi Belajar IPA kelas IV SDN 100 Salokaraja Kec. Maiwa Kab. Enrekang. (2) Pemberian Tugas Rumah dengan Prestasi Belajar IPA kelas IV SDN 100 Salokaraja Kec. Maiwa Kab. Enrekang. Penelitian ini menggunakan  metode kuantitatif deskriptif. Populasi dari penelitian  ini  adalah  seluruh  murid kelas IV SDN 100 Salokaraja Kec. Maiwa Kab. Enrekang sejumlah 16 murid. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sampel populatif artinya semua individu di dalam populasi langsung dijadikan obyek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk memperoleh data tentang kedisiplinan belajar murid dan pemberian tugas rumah. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar IPA kelas IV SDN 100 Salokaraja Kec. Maiwa Kab. Enrekang.  Teknik  analisis  data  menggunakan non-parametrik dengan menggunakan rumus korelasi tata jenjang dari Spearman.Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan : (1) Ada hubungan positif antara kedisiplinan belajar murid dengan prestasi belajar IPA murid kelas IV SDN 100 Salokaraja Kec. Maiwa Kab. Enrekang Tahun Ajaran 2016/2017 karena rs=0.64779 > r0.05 (16) = 0.497. (2) Ada hubungan  yang positif antara pemberian tugas rumah dengan  prestasi  belajar  IPA  murid  kelas  IV  SDN 100 Salokaraja Kec. Maiwa Kab. Enrekang Tahun Ajaran 2016/2017 karena rs==0.607353 >r0.05 (16)=0.49

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

http://alhafizh84wordpress.com/2011/10/16/metode-pemberian-tugas-//) tanggal 18 Maret 2016.

http://goresantintapemimpi.blogspot.co.id/2012/06/instrumen-untuk-mengungkaptingkat.html

https://nurdinkhan.wordpress.com/2012/05/30/angket-kedisiplinan-murid/

Kerlinger, Fred N. 2006. Asas-asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Kurikulum 2004 Untuk Sekolah Dasar. 2003. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Kurnia Inggridwati dkk. 2008. Perkembangan Belajar Peserta

Didik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Lie Anita. 2010. Cooperative Learning. Jakarta : PT.Gramedia Widia sarana Indonesia.

Nasin Elkabumaini dan Rahmat Ruhyana 2016. Panduan Implementasi Pendidikan Budi Pekerti. Margahayu permai, Bandung.

Mulyani Sumantri dan Johar Permana. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Bandung.

Prof. Dr. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Ikapi Bandung

Padmono. 1999. Evaluasi Pengajaran Untuk Program D 2 PGSD. Kebumen .

Suparno, Paul dkk. 2002. Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah : Suatu Tinjauan Umum. Yogyakarta : Kanisius

Sutrisno Hadi. 1995. Metodologi Risearch I, Yogyakarta, UGM Press.

. 1989. Statistik, Yogyakarta, Andi Ofset.

Soerdjono Soekamto. 1998. Disiplin Menuju Sukses, Jakarta, Ghalia.

Suprijono Agus.2009. Cooperative Learning.Surabaya :Pustaka Belajar

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945. Tentang Pembukaan.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v1i2.1073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Supardi Paturusi, khaeruddin khaeruddin, Hilmi Hambali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.