PENINGAKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI GURU MELALUI COACHING BERBASIS PEMODELAN PADA GUGUS I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR
Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk, tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi guru melalui coaching dengan basis pemodelan pada Sekolah Dasar Gugus I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) berupa penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan objek penelitian sebanyak 24 orang guru sekolah dasar pada gugus I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini didesain dalam dua siklus . Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mendesain RPP berdiferensiasi maupun kemampuan melaksanakan PBM berdiferensiasi meningkat. Pada pra, siklus I, sampai pada siklus II mengalami peningkatan yaitu rata-rata skor pada pembuatan RPP berdiferensiasi pra siklus 2,171, siklus I meningkat menjadi 3,02, dan siklus II 3,734. Sedangkan pada kemampuan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi rata-rata skor pada pra siklus 2,84, siklus I meningkat menjadi 3,30, dan siklus II 3,53. Jika melihat kriteria yang telah ditetapkan maka rata-rata kemampuan mendesain RPP berdiferensiasi dikategorikan baik. Demikian halnya kemampuan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi juga dikategorikan baik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan melaksanakan pembeljaran berdiferensiasi guru di Gugus I Kecamatan Rappocini, Kota Makassar khususnya bagi 24 orang mengalami peningkatan keterampilan dalam pembelajaran setelah penerapan coaching berbasis pemodelan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2016 Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Azizah. 2019. Penerapan differentiated instruction terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 1-8. http://dx.doi.org/10.31941/delta.v4i1.1019 . 21 Oktober 2022
Cherry . 2019 , About Psychology.Com. diakses : Maret 2019.
Chintya. 2019. Pengaruh pembinaan pegawai, pengembangan pegawai, dan pemberdayaan pegawai terhadap kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Kota Padang. Jurnal Sinmag 4, 2019. ISSN 2656 5919 vol.3,no.1 diakses 21 Oktober 2022
Dahar, Ratna Wilis. 2010. Teori-teori Belajar. Jakarta: Proyek Pengembangan LPTK
Ditasona, C. 2019. Penerapan Pendekatan Differentiated Instruction Dalam Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Penalaran Matematis Siswa SMA diakses 21 Oktober 2022
Dzaki, Muhammad Faiq. 2011. Teori Bandura Tentang Pemodelan (Pemodelan). Jakarta: Pustaka Media
Komang, Diah Laxmy Prabadewi .2017. Efektivitas Pelatihan Teknik Coaching Untuk Meningkatkan Kinerja dan Penyusunan Rancangan Sistem Coaching Komang Diah Laxmy Prabadewi Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.6 No.1 .2017. diakses 21 Oktober 2022
Lailiyah, Evi. 2019. Pendekatan Differentiated Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901). Vol. 1, no.2. Hal. 52 – 61. Hal. 52 – 61. diakses 21 Oktober 2022
Marlina, 2020. Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.
Nawawi. 2012. Supervisi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Rosinta, Siburian.2019. Penerapan Pembelajaran Diferensiasi dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Daring. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 6 (2), 2019, 1-3. Universitas Katolik Santo Thomas Medan. diakses 21 Oktober 2022
Ruhayati, Y, dkk. 2016. Kontribusi Layanan Supervisi, Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Smpn Se Kota Cimahi. Jurnal Upi, http://jurnal.upi.edu/. diakses : Maret 2019.
Sahertian, Piet 2000. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Setiyo, Ajib. 2021. Penerapan pembelajaran diferensiasi kolaboratif dengan melibatkan orang tua dan masyarakat untuk mewujudkan student’s well-being di masa pandemi. BIOMA: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), April 2022, 61-78 Doi: https://doi.org/10.26877/bioma.v11.i1.9797 . Diakses. diakses 21 Oktober 2022
DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.10120
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Tanrin Paleori
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.