PENINGAKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI GURU MELALUI COACHING BERBASIS PEMODELAN PADA GUGUS I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Tamrin Paleori

Abstract


Tujuan utama  penelitian ini adalah untuk,  tujuan utama  penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan  melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi  guru melalui coaching dengan basis pemodelan pada Sekolah Dasar Gugus I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) berupa penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan objek penelitian sebanyak 24 orang guru sekolah dasar pada gugus I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini didesain dalam dua siklus . Hasil penelitian menunjukkan bahwa  kemampuan mendesain RPP berdiferensiasi  maupun kemampuan melaksanakan PBM berdiferensiasi  meningkat.  Pada pra, siklus I, sampai pada siklus II mengalami peningkatan yaitu rata-rata skor pada pembuatan RPP berdiferensiasi  pra siklus 2,171, siklus I meningkat menjadi 3,02, dan siklus II 3,734. Sedangkan pada kemampuan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi  rata-rata skor pada pra siklus 2,84, siklus I meningkat menjadi 3,30, dan siklus II 3,53. Jika melihat kriteria yang telah ditetapkan maka rata-rata kemampuan mendesain RPP berdiferensiasi  dikategorikan baik. Demikian halnya kemampuan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi  juga dikategorikan baik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan melaksanakan pembeljaran berdiferensiasi  guru di Gugus I Kecamatan Rappocini, Kota Makassar khususnya bagi 24 orang mengalami peningkatan keterampilan dalam pembelajaran setelah penerapan coaching berbasis pemodelan.


Keywords


coaching; pemodelan; pembelajaran berdiferensiasi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2016 Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Azizah. 2019. Penerapan differentiated instruction terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 1-8. http://dx.doi.org/10.31941/delta.v4i1.1019 . 21 Oktober 2022

Cherry . 2019 , About Psychology.Com. diakses : Maret 2019.

Chintya. 2019. Pengaruh pembinaan pegawai, pengembangan pegawai, dan pemberdayaan pegawai terhadap kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Kota Padang. Jurnal Sinmag 4, 2019. ISSN 2656 5919 vol.3,no.1 diakses 21 Oktober 2022

Dahar, Ratna Wilis. 2010. Teori-teori Belajar. Jakarta: Proyek Pengembangan LPTK

Ditasona, C. 2019. Penerapan Pendekatan Differentiated Instruction Dalam Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Penalaran Matematis Siswa SMA diakses 21 Oktober 2022

Dzaki, Muhammad Faiq. 2011. Teori Bandura Tentang Pemodelan (Pemodelan). Jakarta: Pustaka Media

Komang, Diah Laxmy Prabadewi .2017. Efektivitas Pelatihan Teknik Coaching Untuk Meningkatkan Kinerja dan Penyusunan Rancangan Sistem Coaching Komang Diah Laxmy Prabadewi Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.6 No.1 .2017. diakses 21 Oktober 2022

Lailiyah, Evi. 2019. Pendekatan Differentiated Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901). Vol. 1, no.2. Hal. 52 – 61. Hal. 52 – 61. diakses 21 Oktober 2022

Marlina, 2020. Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.

Nawawi. 2012. Supervisi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Rosinta, Siburian.2019. Penerapan Pembelajaran Diferensiasi dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Daring. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 6 (2), 2019, 1-3. Universitas Katolik Santo Thomas Medan. diakses 21 Oktober 2022

Ruhayati, Y, dkk. 2016. Kontribusi Layanan Supervisi, Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Smpn Se Kota Cimahi. Jurnal Upi, http://jurnal.upi.edu/. diakses : Maret 2019.

Sahertian, Piet 2000. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Setiyo, Ajib. 2021. Penerapan pembelajaran diferensiasi kolaboratif dengan melibatkan orang tua dan masyarakat untuk mewujudkan student’s well-being di masa pandemi. BIOMA: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), April 2022, 61-78 Doi: https://doi.org/10.26877/bioma.v11.i1.9797 . Diakses. diakses 21 Oktober 2022




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.10120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tanrin Paleori

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.