Peran Kepuasan Anggota dalam Memediasi Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas pada Koperasi Syariah
DOI: https://doi.org/10.26618/v9sqjg20
Etika Bisnis Islam, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Anggota, Loyalitas.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Etika Bisnis Islam dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas anggota, dengan kepuasan anggota sebagai variabel mediasi pada KSPPS BMT Mutiara Umat Sejahtera Kudus. Sampel penelitian berjumlah 168 anggota dengan data diperoleh melalui kuesioner. Analisis dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan software AMOS 24.0. Uji validitas dan reliabilitas mencakup convergent validity, average variance extracted (AVE), discriminant validity, dan construct reliability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Etika Bisnis Islam tidak berpengaruh langsung terhadap loyalitas, namun berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota. Sebaliknya, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas anggota. Kepuasan anggota terbukti memediasi secara penuh hubungan antara Etika Bisnis Islam dan loyalitas, serta secara parsial antara kualitas pelayanan dan loyalitas. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan Etika Bisnis Islam dan kualitas pelayanan mampu mendorong kepuasan yang berdampak pada loyalitas anggota.Referensi
Adi Nur Cahyo & Munawir. (2024). Pengaruh Kualiatas Pelayanan Islami Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Menabung Nasabah Di BMT UGT Nusantara Cabang Pembantu Temuguruh Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 5(2), 14–33. https://doi.org/10.30739/jesdar.v5i1.3232
Alejandrino, K. C., & Palma-Samson, K. (2023). How does brand trust enhance satisfaction and loyalty of commercial bank customers? https://doi.org/10.5281/ZENODO.7947206
Alim, M. N., Muchtar, E. H., & Maulida, U. A. (2024). Determinan Kepuasan Nasabah Tabungan Ramadhan Berkah Di BPRS Attaqwa Karawaci Tangerang. Islamic Banking & Economic Law Studies (I-BEST), 3(2), 130–145. https://doi.org/10.36769/ibest.v3i2.712
Aravik, H., Harun, M., & Febrianti, R. (2023). The Urgency of Islamic Business Ethics In The Era of The Industrial Revolution 4.0. Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 8(2), 303–326. https://doi.org/10.36908/isbank.v8i2.706
Arianto, N., & Nirwana, Y. K. (2021). Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Simpanan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium, 7(2), 179–192. https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v7i2.658
Azzaida, I. R., & Suzanawaty, L. (2022). Pengaruh Sharia Marketing dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas dengan Kepuasan sebagai variabel Intervening (Studi Kasus Pengguna Tabungan Syariah di BMT Huwaiza Depok). 8(2022), 2742–2747.
Djakfar, M. (2012). Etika Bisnis: Menangkap Spirit Ajaran Langit dan Pesan Moral Ajaran Bumi. Penebar PLUS+.
Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan) (1st ed.). Deepublish.
Griffin, J. (2005). Customer Loyalty, How to Earn It, How to Keep It. Penerbit Erlangga.
Hair, J. F. jr, Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R: A Workbook. Springer Nature.
Harahap, D. A., & Amanah, D. (2019). Kajian Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Nasabah Perbankan di Indonesia. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 26, 30–43.
Hassan, A., & Mollah, S. (2018). A New Perspective: Islamic Business Ethics and Islamic Finance Customer Loyalty. In A. Hassan & S. Mollah, Islamic Finance (pp. 45–52). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-91295-0_5
Hermawan., D. S., SE, M. Si, & Amirullah, SE, M.M. (2021). METODE PENELITIAN BISNIS: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Hidayat, R. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 59–72.
Huzaimah. (2018). Analisis Etika Bisnis Islam Dan Kualitas Pelayanan Dalam Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Bank Tabungan Negara (Btn) Syariah Cabang Bogor. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(2), 164–190. https://doi.org/10.21274/an.2018.4.2.164-190
Jannati, M., & Nurhidayati, M. (2022). The Effect of Application of Islamic Business Ethics and Islamic Service Quality on Customer Satisfaction of Bank Syariah Indonesia Madiun Branch Offices. Proceeding of Annual International Conference on Islamic Economics (AICIE), 1, 63. https://doi.org/10.21154/aicie.v1i0.679
Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2021). Marketing Management. Pearson Education.
Krishna, A., & Sudarmayasa, I. W. (2020). Kualitas Pelayanan Jasa Akomodasi. Ideas Publishing.
Kueh, J. J. (2022). The Factors Influencing Customer Loyalty towards Islamic Banking in Malaysia: The Mediating Effect of Customer Satisfaction. Faculty of Business, Design, and Arts Swinburne University of Technology.
Kurniawan, L. (2022). Pengaruh Excellent Service Dan Etika Bisnis Islam Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada PT BPRS BINASIA Semarang). Institut Islam Negeri Salatiga.
Lestari, D., Titin Agustin Nengsih, & Fuad Rahman. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kepercayaan Dan Religiusitas Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Di Baitul Maal Wa Tamwil (Bmt) Kota Jambi. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 17(2), 10–23. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v17i2.1964
Masadah, Asngadi, & Triono Singgih, C. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Syariah Di Kabupaten Jombang Yang Dimediasi Variabel Kepuasan. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 3(2), 197–208. https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(2).5808
Masyrukoh, N. (2020). ETIKA BISNIS ISLAM. CV. Media Karya Kreatif. mediakarya.publishing@gmail.com
Mukarromah, L. L. (2022). Pengaruh Atribut Produk, Kualitas Pelayanan, dan Penerapan Nilai Islam Terhadap Kepuasan Nasabah di KSPPS BMT Mutiara Umat Kudus. IAIN KUDUS.
Nurfadilah, Saleh, M., & Sinaga, A. (2023). Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank SUMUT Syariah KCP Stabat. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 2(2023), 285–297.
Nurmadiansyah, M. T. (2021). Etika Bisnis Islam: Konsep dan Praktek (1st ed.). CV Cakrawala Media Pustaka.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Malhotra, A. (2005). E-S-QUAL: A Multiple-Item Scale for Assessing Electronic Service Quality. Journal of Service Research, 7(3), 213–233. https://doi.org/10.1177/1094670504271156
Ramayani, R., Tajul Ula, & Zefri Maulana. (2024). Determinan Loyalitas Nasabah dengan Efek Mediasi Kepuasan Nasabah Terhadap Produk Perbankan Syariah. IHTIYATH : Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 8(1), 100–115. https://doi.org/10.32505/ihtiyath.v8i1.8564
Safitri, S. W. (2021). Pengaruh Pelayanan Prima Dan Etika Bisnis Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat KC Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makasssar.
Salam, A., & Habibah, M. (2021). Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Nasabah dengan Keputusan Menjadi Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi pada BPD Jateng Syariah, BRI Syariah dan Bank Muamalat) di Kota Semarang. BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 9(1), 33. https://doi.org/10.21043/bisnis.v9i1.11461
Salim, A. Idrus. D. (2021). Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian: Konsep danTeori. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Setyadi, B., Helmi, S., & Syed Ismail Bin Syed Mohamad. (2023). Customer Satisfaction Mediates the Influence of Service Quality on Customer Loyalty in Islamic Banks. International Journal of Islamic Business and Economics (IJIBEC), 7(1), 25–36. https://doi.org/10.28918/ijibec.v7i1.6924
Shahi, H., Kalhor, A., & Javanmard, H. (2014). Impact Of “Islamic Ethics” On Iranian Customer Satisfaction Index. Indian J.Sci.Res., 4.
Suhanda, R., & Fahrullah, A. (2020). Islamic Business Ethics on Customer Retention. Proceedings of the International Conference on Research and Academic Community Services (ICRACOS 2019). Proceedings of the International Conference on Research and Academic Community Services (ICRACOS 2019), Surabaya, Indonesia. https://doi.org/10.2991/icracos-19.2020.12
Sulistiyowati, W. (2018). Buku Ajar Kualitas Layanan: Teori Dan Aplikasinya. Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2018/978-602-591-436-2
Susanti, N. I., Inayah, N., & Hidayah, A. N. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Pelayanan Islam Dan Etika Pemasaran Islam Terhadap Kepuasan Nasabah BSI KCP Genteng Banyuwangi. Journal of Islamic Banking, 3, 47–64.
Tjiptono, F. (2022). SERVICE MANAGEMENT: Mewujudkan Layanan Prima Edisi 4. Penerbit Andi.
Valenzuela, L. M., Mulki, J. P., & Jaramillo, J. F. (2010). Impact of Customer Orientation, Inducements and Ethics on Loyalty to the Firm: Customers’ Perspective. Journal of Business Ethics, 93(2), 277–291. https://doi.org/10.1007/s10551-009-0220-z
Wardana, M. A. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah Bank Syariah Mandiri KC Banyuwangi. Forum Manajemen, 19, 29–34.
Zefanya, A. (2023, February 13). Ini 8 Kasus Koperasi Bermasalah Yang Gagal Bayar. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/market/20230213 180555-17-413454/ini-8-kasus-koperasi-bermasalah-yang-gagal-bayar
Zeithaml, V. A., Berry, L. L., & Parasuraman, A. (1996). The Behavioral Consequences of Service Quality. Journal of Marketing, 60(2), 31–46. https://doi.org/10.1177/002224299606000203
Zouari, G., & Abdelhedi, M. (2021). Customer satisfaction in the digital era: Evidence from Islamic banking. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 10(1), 9. https://doi.org/10.1186/s13731-021-00151-x
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 achmad farizal

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, dengan nomor terdaftar ISSN 2549-4872 (print), ISSN 2654-4970 (Online) dan Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, dengan nomor terdaftar ISSN 2549-4872 (print), ISSN 2654-4970 (Online) memegang hak publikasi pertama semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnal.hes@gmail.com
License:
Jurnal Hukum Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats
Authors are free to:
Share: copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt: remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms. which include the following:
Attribution: You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike: If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.