Analisis Determinan Preferensi Nasabah Non Muslim Memilih Menggunakan Jasa Bank Syariah

Sofyan Ikhsan Alisyah Pratama Paputungan, Ismawati Ismawati, Okta Nofri, Syaharuddin Syaharuddin, Kamaruddin Kamaruddin

Abstract


Abstrak

Nasabah non muslim merupakan bagian dari seluruh nasabah bank syariah yang juga menggunakan jasa bank, baik produk pendanaan, pembiayaan, maupun produk jasa bank lainnya. Nasabah nonmuslim yang cenderung lekat dengan sifat kapitalisme menjadi hal yang menarik untuk diteliti mengapa mereka memilih menggunakan jasa bank syariah yang jelas-jelas melekat pada nilai-nilai Islam, yaitu Al-Qur'an dan Hadist. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk, layanan, fasilitas, dan promosi terhadap preferensi nasabah non muslim dalam memilih menggunakan jasa bank syariah di Kota Manado. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data primer menggunakan metode kuesioner kepada 90 responden pada bank syariah yang ada di kota Manado. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa produk, jasa,nilai hitung yang lebih besar dari t tabel dan angka signifikan dibawah 0,05, berdasarkan perhitungan koefisien korelasi juga menyatakan bahwa hubungan antar variabel dikatakan kuat berdasarkan pengelompokan interval nilai yang ada. Berdasarkan hasil penelitian ini, bank syariah dapat menjaga dan meningkatkan kualitas produk, layanan, fasilitas dan promosi agar dapat menarik perhatian nasabah baru khususnya nasabah non muslim yang juga merupakan pangsa pasar yang menjanjikan.

Abstrak

Nasabah non muslim merupakan bagian dari seluruh pelanggan bank syariah yang juga menggunakan jasa bank baik produk pendanaan, pembiayaan maupun produk jasa bank lainnya. Nasabah non muslim yang cenderung lekat dengan sifat kapitalisme menjadi hal yang menarik untuk diteliti mengapa memilih menggunakan jasa bank syariah yang jelas lekat dengan nilai-nilai Islam yakni Al-Qur’an dan Hadist. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk, pelayanan, fasilitas dan promosi terhadap preferensi nasabah non muslim memilih menggunakan jasa bank syariah di Kota Manado. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data primer menggunakan metode angket kepada 90 orang responden di bank syariah di Kota Manado. Hasil dari penelitian ini yakni produk, pelayanan, fasilitas dan promosi dinyatakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi nasabah non muslim memilih menggunakan jasa bank syariah, hal ini dapat dilihat dari nilai thitung yang lebih besar dari ttabel dan angka yang berada di bawah 0,05, berdasarkan perhitungan koefisien korelasi juga menyatakan bahwa hubungan antar variabel dikatakan kuat berdasarkan pengelompokkan interval nilai yang ada. Berdasarkan hasil penelitian ini maka bank syariah dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk, pelayanan, fasilitas dan promosi agar dapat menarik perhatian nasabah-nasabah baru terutama nasabah non muslim yang juga merupakan pangsa pasar yang dijanjikan.


Keywords


Bank Syariah; Nasabah Non-Muslim, Preferensi

References


Andrianto, & Firmansyah, A. (2019). Manajemen Bank Syariah. Qiara Media. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=pJaeDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=sejarah+bank+syariah+di+dunia&ots=v7tGJgQZqs&sig=5TuS5mVsFJevKIluzpOomZZmhmg&redir_esc=y#v=onepage&q=sejarah bank syariah di dunia&f=false

Anshori, A. G. (2018). Perbankan syariah di Indonesia. Gadjah Mada University Press. https://books.google.com/books/about/Perbankan_Syariah_di_Indonesia.html?hl=id&id=3eFdDwAAQBAJ

Asnawi. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Muslim dan Non Muslim Untuk Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Empiris Pada Nasabah Bank Syariah di Kota Pangkalpinang. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik. (2021). Kota Manado Dalam Angka 2021. https://manadokota.bps.go.id/publication/2021/02/26/c2be37bbe3de4a2cc05bcd21/kota-manado-dalam-angka-2021.html

Dewi, A. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Preferensi Nasabah Terhadap Bank Syariah di Kota Palopo. Jurnal Akuntansi, 04(02), 1–12.

DJOD, K. dalam N. R. (2014). Daerah-Daerah Otonom Di Indonesia Sampai Dengan Tahun 2014. https://web.archive.org/web/20190712121648/http://otda.kemendagri.go.id/wp-content/uploads/2019/03/Pembentukan-Daerah-Daerah-Otonom-di-Indonesia-s.d-Tahun-2014-2.pdf

Fahmi, I. (2019). Perilaku Konsumen Teori dan Aplikasi. Penerbit Alfabeta. https://cvalfabeta.com/product/perilaku-konsumen-teori-dan-aplikasi/

Fraenkel, J. ., & Wallen, N. E. (2008). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill.

Muhith, A. (2012). Sejarah Perbankan Syariah. Jurnal Kajian Keislaman Dan Pendidikan, 01, 69–84.

Mutawalli, M. H. A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Non Muslim Dalam Menggunakan Jasa Bank Syariah Di Makassar (Vol. 11, Issue 1) [UIN Alauddin Makassar]. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Nofri, O., & Hafifah, A. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Online Shopping Di Kota Makassar. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(1), 113–132. https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.5054

Seni, N. N. A., & Ratnadi, N. M. D. (2017). Theory of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Berinvestasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 4043–4068.

Siti, S. (2017). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH NON MUSLIM MENJADI NASABAH BANK BCA SYARIAH CABANG JATINEGARA. UIN Syarif Hidayahtullah Jakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi; dilengkapi dengan Metode R&D. Alfabet.

Sujarweni, W. (2015). SPSS Untuk Penelitian.

Yuptri, E., & Sari, R. L. (2012). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NON MUSLIM MENJADI NASABAH BANK SYARIAH MANDIRI DI MEDAN. Ekonomi Dan Keuangan, 1(1), 46–60.




DOI: https://doi.org/10.26618/j-hes.v6i01.6929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sofyan Ikhsan Alisyah Pratama Paputungan, Ismawati Ismawati, Okta Nofri, Syaharuddin Syaharuddin, Kamaruddin Kamaruddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Hukum Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats