ANALISIS PEMASARAN KARTU HALO DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. TELKOMSEL MAKASSAR

Lilly Ibrahim

Abstract


Abstrack

 

This study aims to determine the marketing strategy applied by PT. TELKOMSEL Makassar and determine the development of the company's sales during the last 5 years. Analysis of data using qualitative analysis and simple linear regression analysis and analysis of market opportunities (market share). The study concluded that 1. The marketing strategies implemented by PT.TELKOMSEL Makassar found to increase sales volume, which can be seen from the number of the company's sales are increasing from year to year. From the results of simple linear regression analysis between promotion and sales volume kartuHALO shows that if sale increased by Rp. 1.000, - it will be followed by increase of sales revenue of Rp. 23 455, -. Data market share, it is noticeable strength Makassar PT.TELKOMSEL position to compete with similar companies. Position of market share obtained PT.TELKOMSEL Makassar average of 35.85% from year to year during the period 2002-2006, this means that the company is able to compete with similar companies.

 

Keywords: Marketing, hello cards, Volume Sales

 

Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi pemasaran yang di terapkan oleh  PT. TELKOMSEL Makassar dan mengetahui perkembangan penjualan perusahaan selama 5 tahun terakhir. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis regresi linier sederhana serta analisis peluang pasar (market share). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa 1.         Strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh PT.TELKOMSEL Makassar ternyata dapat meningkatkan volume penjualan, yang dapat dilihat dari jumlah penjualan perusahaan yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Dari hasil analisis regresi linear sederhana antara promosi dengan volume penjualan kartuHALO menunjukkan bahwa apabila promosi bertambah sebanyak Rp. 1.000,- maka akan diikuti pula dengan meningkatnya hasil penjualan sebesar Rp. 23.455,-. data market share, maka terlihat kekuatan posisi PT.TELKOMSEL Makassar untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan sejenis. Posis market share yang diperole PT.TELKOMSEL Makassar rata-rata 35,85% dari tahun ketahun selama periode 2002-2006, hal ini berarti bahwa perusahaan tersebut mampu bersaing dengan perusahaan sejenis.

 

Kata Kunci : Pemasaran, kartu halo, Volume Penjualan

 


Full Text:

PDF

References


Gitosudarmono, Indriyo 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertamam BPFE UGM. Yogyakarta

Kotler, Philip. Amstrong Gary. 1995. Dasar-Dasar Pemasaran. Diterjemahkan Oleh Wilhelmus W. Bakowatun, SE, MPd. Edisi Keenam. Intermedia Jakarta.

Manulung, M, 1981. Dasar-dasar Manajemen. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Mc Donald, Mallcom HB dan Keagen, Warren J. 1999. Marketing Plans That Work. Diterjemahkan Oleh Damos Sihombing. Edisi Pertama. Erlangga, Jakarta.

Mursid M. 1997. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Bumi Aksara.Jakarta.

Pride, William M. OC Ferrel. 1995. Pemasaran; Teori dan Praktek sehari-hari. Edisi Ketujuh. Terjemahan Daniel Wjaya. Binarupa Aksara Jakrta.

Swastha, Basu. Azas-azas Marketing. 1981. edisis ketiga Liberty. Yogyarkata

Irawan, MBA. 2001 Manajemen Pemasaran Modern. Edisis kedua Liberty. Yokyakarta.

—— 2000. Swee Hoon Ang, Siew Meng Long, dan Chin Tiong TAN. Manajemen Pemasaran; Perspektif Asia. Diterjemahkan Oleh Handoyo Prasetyo dan Hamin, Edisi Pertama. Andi Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.26618/jeb.v5i2.617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 BALANCE : JURNAL ILMU EKONOMI



View My Stats

Flag Counter