Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Agya Pada Pt. Hadji Kalla Toyota Cabang Urip Sumoharjo

Abdul Muttalib, mukhlisa mukhlisa, Sulfiana Sulfiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian. Alat analisis yang digunakan dalam penelititan ini adalah analisis kuantitatif (uji validitas dan reliabilitas), analisis regresi berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, multikolinearitas,dan heteroskedastisitas), uji simultan, uji parsial dan koefisien determinasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang telah membeli mobil Toyota agya di PT. Hadji Kalla toyota . Dalam penelitian ini diambil 96 responden sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria respondennya ialah pemilik mobil Toyota agya yang sedang berkunjung di PT.Hadji Kalla toyota. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil analisis regresi berganda didapatkan persamaan regresi Y = 7,288 + 0,173X1 + 0,437X2. Hal ini berarti bahwa variabel harga dan promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Sedangkan dari uji hipotesis diperoleh nilai t hitung untuk harga (X1) sebesar 2,346 dengan tingkat signifikasi 0,021,untuk promosi (X2) t hitung sebesar 5,203 dengan tingkat signifikasi 0,000. Dengan demikian berarti hasil dari analisis uji t menyatakan hasil signifikan untuk semua variabel dan hipotesis diterima. Hasil analisis regresi berganda juga menunjukkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,336 yang berarti variabel kualitas produk, harga dan promosi mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 33,6% sedangkan 66,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.


Keywords


Harga , Promosi dan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Amir, Taufiq. 2005. Dinamika pemasaran jelajahi dan rasakan. Jakarta : PT Raja grafindo persada.

Amirullah. (2009), Manajemen strategi teori-konsep-kinerja. Mitra wacana media, Jakarta.

Angipora, Marius p. 2002. Dasar-dasar pemasaran. jakarta: Pt grafindo persada.

Assauri, Sofjan. 2011 Manajemen Pemasaran. Cetakan ke-11 Jakarta: Rajawali

Basu, swastha (1999), manajemen pemasaran, edisi kedua cetakan pertama, penerbit liberty, yogyakarta.

Cayono, Bambang Tri. 1996. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Agung

Isrofiyah, Rini. 2005. AnalisisPengaruh Strategi Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Pembeli Rumah Dengan Lingkungan Sebagai Variabel Moderating.Tesis Program Magister Manajemen. Semarang : Universitas Diponegoro. Diakses pada 16 Maret 2016. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/34128/2/Reference.pdf.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 1999, Prinsip-prinsip Pemasaran, penerbit erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi kedelapan. Erlangga. Jakarta.

Ristiyanti Prasetijo, John JOI Ihalauw, 2005. Perilaku Konsumen. Andi, yogyakarta

Sunyoto, Danang. 2015. Perilaku konsumen dan pemasaran. CAPS (center for academic publishing service), yogyakarta

Swastha, Basu., 2004. Manajemen Pemasaran. Bandung: Remaja Karya.

Sugiyono. 2005. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Susanto, Agus. 2013. Pengaruh Promosi, Harga dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Batik Tulis Karangmlati Demak.

Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Diakses pada 16 Maret 2016. http://lib.unnes.ac.id/18429/1/7350408092.pdf

Tjiptino, Fandy. 2002, Strategi pemasaran, cetakan keenam, Yogyakarta, Andi Offset

Tjiptino, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran . Yogyakarta : Andi.




DOI: https://doi.org/10.26618/jeb.v14i1.1888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ekonomi Balance

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter