ANALISIS PELAYANAN CUSTOMER SERVICE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA KIOS GRAPARI PT. TELKOMSEL GOWA

Muh Nur Rasyid, Hasniati Hasniati, Hijrah Hasim Yusuf

Abstract


Populasi penelitian ini adalah pengguna kartu halo yang ada di Grapari yang berjumlah 100 orang responden dengan pengambilan sampel secara acak. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, dengan pengujian regresi sederhana,dengan melakukan uji hipotesis dari item-item pertanyaan setiap variabel. Variabel dalam penelitian ini  pelayanan customer service terhadap kepuasan pelanggan Secara simultan Uji bersama yang menunjukkan pengaruh nyata (signifikansi) variabel (X) terhadap variabel kepuasan dapat di ketahui nilai t hitung 1.998 dengan signifikansi 0,048 < 0,05 maka Ho di tolak dan H1 diterima. Yang berarti ada pengaruh nyata (signifikansi) variabel pelayanan (X) terhadap variabel kepuasan (Y).


Keywords


customer service, kepuasan pelanggan

Full Text:

PDF

References


Agus Sulastiyono, Drs, M.si. 1999. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Alfabeta Bandung.

Agustina C., Nilam K. dan Tetra H. 2012.Pengaruh Bauran Pemasaran.

Alma, Buchari. 2008. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Bandung : Alfabeta.

Basu,SwasthaDH., Irawan. 1997. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi II, Liberti Yogyakarta.

________. 2008. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Cetakan Ke-tigabelas, Yogyakarta: Liberty Offset.

Cravens, David. 2001. Pemasaran strategi. Edisi IV, Jakarta : Bagian Penerbit Erlangga.

Gerson F.Richard,Ph.D. 2004. Mengukur Kepuasan pelanggan.Cetakan III, Jakarta : Bagian Penerbit Lembaga PPM.

7 langkah pendekatan Kepuasan pelanggan.Cetakan III, Jakarta : Bagian Penerbit Lembaga PPM.

Manfaat dari pengukuran mutu dan Kepuasan pelanggan.Cetakan III, Jakarta : Bagian Penerbit Lembaga PPM.

Kotler, Philip. 1998. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Control. Edisi Pertama, Jakarta : Bagian penerbit PT. Pabelan Surakarta.

________, dan Bloom Paul N. 1999.Teknik dan strategi Memasarkan Jasa Profesional, Jakarta : Bagian Penerbit Cv. Intermedia.

_______. 2003. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Jilid 1 dan 2. PT.

Indeks, Jakarta

_______. 2007. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian, Prentice Hall, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi dan, Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Moenir, H.A.S., 2001, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta.

. 1997. Jasa konsumen di bagi 3 golongan. Edisi II, Liberti Yogyakarta.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis, CV. Alfabeta, Bandung.

Umar, Husein. 2003. Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen. Edisi III, Jakarta : Bagian Penerbit PT. Gramedia pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.26618/jeb.v12i2.1873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ekonomi Balance

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Balance : Journal of Economics

Is Licenced Under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License

View My Stats

Flag Counter