PERANAN SEKTOR PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT LOKAL KABUPATEN WAKATOBI SULAWESI TENGGARA
Abstract
Tujuan penelitian adalah menentukan peran pemerintah dalam manajemen pariwisata di Kabupaten Wakatobi. Untuk mengetahui faktor-faktor penentu yang mempengaruhi pengelolaan Pariwisata dan Budaya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat lokal Kabupaten Wakatobi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah pariwisata merupakan masalah yang sangat mendesak, mengingat bahwa Indonesia kaya akan semua elemen elemen alam, baik dari segi aspek budaya, kearifan lokal dan potensi alam lainnya, Kabupaten Wakatobi sebagai salah satu tujuan pariwisata. sangat penting sebagai sumber pendapatan negara yang pelaksanaannya masih diperlukan kerja sama dari unsur pemerintah, stakeholder, pemerhati pendidikan, masyarakat, untuk bersama-sama mensejahterakan penyelenggaraan pariwisata profesional, di samping dukungan dalam bentuk kebijakan dalam pemberdayaan masyarakat. akan sangat membantu sehingga ketika para wisatawan baik lokal maupun internasional berkunjung akan dapat berinteraksi dengan masyarakat sekitar sehingga para tamu akan puas, daya tarik pariwisata adalah sinergi antara pesona alam, kearifan lokal masyarakat, budaya, perilaku sebagai formasi pembentukan wisatawan.
References
Ady, Hasruddin.2011.Ayo Jalan-Jalanke Wakatobi. Makassar : PUSTAKA REFLEKSI Angipora, Marius P. 2002. Dasar-DasarPemasaran, EdisiKedua, PT. Raja Grafida : Jakarta Baron,
A Rupert &Donn Byrne. 2004. PsikologiSosial. EdisiKesepuluh.TerjemahanolehRatnaDjuwita&MelaniaParman. Jakarta: Erlangga
Cangara, Hafied. 2008. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada
David, Mario. 2002. Skripsi. Strategi Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Selatan
Komarudin, Tatang S. 2012. Hugua Dari Wakatobi. Jakarta : La Tofi Enterprise Media
Kotler, Philip & lee.2007.Pemasaran di SektorPublik.Terjemahandari M. Taufik Amir.Jakarta :Indeks
KriyantonoRachmat. 2006. RisetKomunikasi. Jakarta :KencanaLaksana,
Fajar. 2008. Menejemen Pemasaran. Yogyakarta ; GRAHA ILMU Marpaung, Happy. 2002. Pengetahuan Pariwisata. Bandung
Alpabeta Morison. 2010. Periklanan (Komunkasi PemasaranTerpadu). Jakarta : KE NCANA
Mulyana, Deddy. 2000. IlmuKomunikasi (SuatuPengantar) Bandung:
RosdaPendit, Nyoman. 2006. IlmuPariwisata. Jakarta
PerdanaParamitaPercik. 2008. Dinamikapolitiklokal di Indonesia (Penataan Daerah danDinamikanya). Salatiga
Percik Peter, Paul & Jerry Olson, 2000.Consumer Behavior (perilakukonsumendan
strategipemasaran) .Jakarta :ErlanggaPitana,
I Gde&Diarta. 2009. PengantarIlmuPariwisata. Yogyakarta:
ANDI Soekadijo R. 1996.AnatomiPariwisata.GramediaPustakaUtama : Bandung 78
Sugiyono, 2010.Metodepenelitiankuantitatif, kualitatifdan R & D. Bandung : ALFABETA
Suryani, Tatik. 2008. PerilakuKonsumen. Yogyakarta: GRAHA ILMU
Swasta, BasudanIrawan. 1998. ManajemenPemasaran Modern. Jakarta :Erlangga Terence,
Shimp. 2004. PeriklananPromosi. Jilid II. TerjemahanDwiKartini. Jakarta: Erlangga
TjitonoFandy, 2008.strategipemasaran. Yogyakarta : ANDI Tunggal
Widjaja. 2000. Prinsip-PrinsipPemasaran. Jakarta :SinarGrafika
Winardi. 1992. PromosidanReklame. Bandung :MandarMaju
Yoeti, Oka. 2006. Tours and Trvel Marketing. Jakarta
PradnyaParamitahttp//: BPS/Statistik Perusahaan/Usaha JasaAkomodasi/ DinasKebudayaandanPariwisataKabupatenWakatobi
DOI: https://doi.org/10.26618/jeb.v8i2.1866
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Ekonomi Balance
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.