PERANAN SEKTOR PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT LOKAL KABUPATEN WAKATOBI SULAWESI TENGGARA

Muhammad Ikram, nurhidayah nurhidayah

Abstract


Tujuan penelitian adalah menentukan peran pemerintah dalam manajemen pariwisata di Kabupaten Wakatobi. Untuk mengetahui faktor-faktor penentu yang mempengaruhi pengelolaan Pariwisata dan Budaya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat lokal Kabupaten Wakatobi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah pariwisata merupakan masalah yang sangat mendesak, mengingat bahwa Indonesia kaya akan semua elemen elemen alam, baik dari segi aspek budaya, kearifan lokal dan potensi alam lainnya, Kabupaten Wakatobi sebagai salah satu tujuan pariwisata. sangat penting sebagai sumber pendapatan negara yang pelaksanaannya masih diperlukan kerja sama dari unsur pemerintah, stakeholder, pemerhati pendidikan, masyarakat, untuk bersama-sama mensejahterakan penyelenggaraan pariwisata profesional, di samping dukungan dalam bentuk kebijakan dalam pemberdayaan masyarakat. akan sangat membantu sehingga ketika para wisatawan baik lokal maupun internasional berkunjung akan dapat berinteraksi dengan masyarakat sekitar sehingga para tamu akan puas, daya tarik pariwisata adalah sinergi antara pesona alam, kearifan lokal masyarakat, budaya, perilaku sebagai formasi pembentukan wisatawan.


References


Ady, Hasruddin.2011.Ayo Jalan-Jalanke Wakatobi. Makassar : PUSTAKA REFLEKSI Angipora, Marius P. 2002. Dasar-DasarPemasaran, EdisiKedua, PT. Raja Grafida : Jakarta Baron,

A Rupert &Donn Byrne. 2004. PsikologiSosial. EdisiKesepuluh.TerjemahanolehRatnaDjuwita&MelaniaParman. Jakarta: Erlangga

Cangara, Hafied. 2008. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada

David, Mario. 2002. Skripsi. Strategi Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Selatan

Komarudin, Tatang S. 2012. Hugua Dari Wakatobi. Jakarta : La Tofi Enterprise Media

Kotler, Philip & lee.2007.Pemasaran di SektorPublik.Terjemahandari M. Taufik Amir.Jakarta :Indeks

KriyantonoRachmat. 2006. RisetKomunikasi. Jakarta :KencanaLaksana,

Fajar. 2008. Menejemen Pemasaran. Yogyakarta ; GRAHA ILMU Marpaung, Happy. 2002. Pengetahuan Pariwisata. Bandung

Alpabeta Morison. 2010. Periklanan (Komunkasi PemasaranTerpadu). Jakarta : KE NCANA

Mulyana, Deddy. 2000. IlmuKomunikasi (SuatuPengantar) Bandung:

RosdaPendit, Nyoman. 2006. IlmuPariwisata. Jakarta

PerdanaParamitaPercik. 2008. Dinamikapolitiklokal di Indonesia (Penataan Daerah danDinamikanya). Salatiga

Percik Peter, Paul & Jerry Olson, 2000.Consumer Behavior (perilakukonsumendan

strategipemasaran) .Jakarta :ErlanggaPitana,

I Gde&Diarta. 2009. PengantarIlmuPariwisata. Yogyakarta:

ANDI Soekadijo R. 1996.AnatomiPariwisata.GramediaPustakaUtama : Bandung 78

Sugiyono, 2010.Metodepenelitiankuantitatif, kualitatifdan R & D. Bandung : ALFABETA

Suryani, Tatik. 2008. PerilakuKonsumen. Yogyakarta: GRAHA ILMU

Swasta, BasudanIrawan. 1998. ManajemenPemasaran Modern. Jakarta :Erlangga Terence,

Shimp. 2004. PeriklananPromosi. Jilid II. TerjemahanDwiKartini. Jakarta: Erlangga

TjitonoFandy, 2008.strategipemasaran. Yogyakarta : ANDI Tunggal

Widjaja. 2000. Prinsip-PrinsipPemasaran. Jakarta :SinarGrafika

Winardi. 1992. PromosidanReklame. Bandung :MandarMaju

Yoeti, Oka. 2006. Tours and Trvel Marketing. Jakarta

PradnyaParamitahttp//: BPS/Statistik Perusahaan/Usaha JasaAkomodasi/ DinasKebudayaandanPariwisataKabupatenWakatobi




DOI: https://doi.org/10.26618/jeb.v8i2.1866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ekonomi Balance

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter