FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGANGGURAN DI KABUPATEN BONE

Sanusi AM, Rosdiana Fungki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PDRB, Jumlah penduudk yang berumur 15-65 tahun dan Inflasi terhadap Tingkat Pengangguran di Kabupaten Bone, untuk mengetahui factor dominan yang mempengaruhi tingkat pengangguran di Kabupaten Bone.Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sekunder.data diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS). Data sekunder adalah data deretwak tudari tahun 2010 hingga 2014 tentang PDRB, Jumlah penduduk usia kerja 15 hingga 65 tahun, Inflasi dan tingkat pengangguran di Kabupaten Bone. Data tersebut di olah dengan menggunakan perangkat lunak komputer "SPSS 22" dengan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian dan estimasi data melalui regresi linier berganda menunjukkan bahwa PDRB, penduduk usia kerja 15 hingga 65 tahun dan inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap pengangguran. tingkat di Kabupaten Bone. Dan tidak ada factor dominan yang mempengaruhi tingkat pengangguran di Kabupaten Bone.


Keywords


Tingkat pengangguran, PDRB, Jumlah penduduk, dan Inflasi

Full Text:

PDF

References


Akhmad, 2015. Dampak Pengeluaran Pemerintah Daerah Terhadap Kemiskinan pada Sepuluh Kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan. Prosiding Seminar Nasional. Lembaga Penelitian Unversitas Negeri Makassar.

Akhmad, N.A., M. Achsani, Tambunan and S.A. Mulyo, 2012. Impact of Fiscal Policy on the Agricultural Development in an Emerging Economy: Case Study from the South Sulawesi, Indonesia. International Research Journal of Finance and Economics, 96: 101-112.

Algifari, GuritnoMankoesoebroto.1998. Teori Ekonomi Makro, Yogyakarta: STIE YKPN

Amir, Amir. 2007. Pengaruh Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Pengannguran di Indonesia. Jurnal Inflasi dan Pengangguran Vol. 1 No.1. Jambi.

Boediono, 1992. Ekonomi Moneter, Edisi 3, Yogyakarta: BPFE.

Boediono, 1998. Teori Pertumbuhan Ekonomis seri sinopsis, Edisi Pertama, Cetakan keenam, BPFE, Yogyakarta.

Cahyani, Indah Gita, 2014. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengangguran di Sulawesi selatan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar. Makassar.

Kaufman, Bruce dan Hockiss L, 1999. The Ecomics of Labor Markets, Fifth Edition, The Dryden Presh.

Mankiw, N Gregory, 2000.Macroeconomics, Worth Publisher Inc, New York.

Mudjarat, Kuncoro, 2006.Ekonomi Pembangunan, Teori, Masalah, danKebijakan, Yogyakarta. YKPN.




DOI: https://doi.org/10.26618/jeb.v12i1.1860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ekonomi Balance

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter