ASPEK-ASPEK KOMPETENSI YANG MEMPENGARUHI KINERJA GURU BERSERTIFIKASI DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN PADA SMU NEGERI I BAEBUNTA KABUPATEN LUWU UTARA

Moh. Aris Pasigai

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana
aspek-aspek kompetensi guru yaitu : (1) kompetensi pedagogik, (2)
kompetensi kepribadian, (3) kompetensi sosial, dan (4) kompetensi
profesional yang mempenagruhi kinerja guru bersertifikasi dalam
melaksanakan proses pembelajaran pada Sekolah Menengah Umum
(SMU) Negeri I Baebunta Kabupaten Luwu Utara.
Untuk mengetahui bagaimana pengaruh aspek-aspek
kompetensi yang merupakan variabel bebas (X) yang terdiri dari
kompetensi pedagogik (X
1
), kompetensi kepribadian (X
), kompetensi
sosial (X
3
), dan kompetensi profesional (X
4
2
) terhadap kinerja guru
bersertifikasi dalam melaksanakan proses pembelajaran yang
merupakan variabel terikat (Y) baik secara sendiri-sendiri maupun
secara bersama-sama dengan menggunakan analisis regresi berganda
yang selanjutnya akan dilakukan pengujian dengan menggunakan uji t
dan uji F.
Bedasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan
diperoleh koefisien regresi untuk variabel kompetensi pedagogik (X
)
sebesar positif 0,016 namun tidak signifikan, variabel kompetensi
kepribadian sebesar positif 0,968 dan signifikan. Sedangkan koefisien
regresi untuk variabel kompetensi sosial adalah sebesar positif 0,089
dan signifikan, sementara untuk variabel kompetensi profesional adalah
sebesar 0,282 dan signifikan. Untuk variabel penyebab secara bersamasama

setelah dilakukan uji F diketahui bahwa koefisien determinan
sebesar R
2
0,531 atau sebesar 53,10% dan sisanya sebesar 46,90%
merupakan faktor lain yang tidak masuk dalam analisis ini.


Keywords


Kompetensi, Kinerja

Full Text:

PDF

References


Achamad S. Ruky. 2001. Sistem Manajemen Kinerja. Gramedia Pustaka

Utama. Jakarta.

Bagus Alit Ana. 1994. Inovasi Wawasan Dan Profesionalisme Guru

Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Era

Pembangunan Jangka Panjang. Gramedia. Jakarta.

Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik Dan

Tenaga Kependidikan Depdiknas. 2008. Penilaian Kinerja Guru.

Jakarta.

Fremont, E Kast dan Rosenzweig E. James. 2002. Organisasi Dan

Manajemen. Edisi 4. Bumi Aksara. Jakarta.

Hani Handoko. 2000. Manajemen Personalia Dan Manajemen Sumber

Daya Manusia. BPFE. Yogyakarta.

Malayu SP. Hasibuan. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi

Revisi. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Mulyasa E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosda Karya.

Jakarta.

Mulyasa E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Remaja

Rosda Karya. Bandung.

Mc Ashan, H.H. 1981. Competency Based Education and Behavioral

Objectives. Educational Technology Publication Inc. New Jersey

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Pendidik

Dan Tenaga Kependidikan. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang

Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Samami, Muclas dkk. 2006. Mengenai Sertifikasi Guru di Indonesia.

SIC. Surabaya

Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Kerja.

Mandar Maju. Jakarta.

Sugiono. 1999. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang

Guru Dan Dosen. 2006. Eka Jaya. Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang

Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.26618/jeb.v8i2.1134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 BALANCE : JURNAL ILMU EKONOMI



Creative Commons License
Balance : Journal of Economics

Is Licenced Under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License

View My Stats

Flag Counter