PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA MAKASSAR DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD

Ruliaty Ruliaty, Ruliaty Ruliaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis kinerja PDAM Kota Makassar dengan pendekatan Balanced Scorecard meliputi (1) perspektif keuangan, (2) perspektif pelanggan, (3) perspektif proses bisnis internal, dan (4) perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Pada perspektif pelanggan, populasi yang digunakan adalah pelanggan Perusahaan Daerah.Air Minum (PDAM) Kota Makassar yang berada RW 04 Kelurahan Rappocini dan ditarik sampel sebanyak tiga puluh persen dari 170 kepala keluarga (KK), jadi sampel yang digunakan sebanyak 51 KK. Pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, populasi yang digunakan adalah seluruh karyawan  Perusahaan Daerah.Air Minum (PDAM) Kota Makassar dan ditarik sampel sebanyak tiga puluh persen dari total karyawan. Total karyawan PDAM kota Makassar 326 karyawan, jadi sampel yang digunakan sebanyak tiga puluh persen dari 326 karyawan, yaitu 98 karyawan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Secara keseluruhan, kinerja perusahaan dilihat dari 4 (empat) perspektif Balanced Scorecard dapat dikatakan baik karena perusahan dapat mencapai 75 % dari standar yang ditetapkan atau sebanyak enam dari delapan tolak ukur yang digunakan oleh Balanced Scorecard berhasil memenuhi target. (2) Dari perspektif keuangan, belum dikatakan baik karena perusahaan belum mampu melakukan penghematan biaya dan belum mampu membayar utang-utang jangka pendeknya, namun perusahaan telah mampu menekan tingkat kerugian yang diderita sehingga turut mempengaruhi tingkat pengembalian. (3) Perspektif    pelanggan, pada umumnya pelanggan merasa cukup puas atas pelayanan PDAM kota Makassar, hal ini dapat dilihat dari perolehan index hasil penyebaran kuisioner yang hanya sebesar 1283 point atau berada pada interval 1060 – 1386 point atau dikategorikan cukup puas.

Keywords


Balance Score Card

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Syukriy. 1999. “Manajemen Laba dalam Perspektif Teori Akuntansi Positif”. Media Akuntansi, Ed.4, No.3, p XI-XVII.

Gaspersz, Vincent (2003), Sistem Manajemen Terintegrasi: Balanced Scorecard dengan Six Sigma untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintah, Jakarta, Gramedia.

Hansen, Don R and Mowen, Maryanne M (2003), Management Accounting, sixth edition, South-Western, America.

Kaplan, Robert S and Norton, David P (1996), Balanced Scorecard, Jakarta, Erlangga.

Darmawati, Deni. 2003. “Corporate Governance dan Manajemen Laba: Suatu Studi Empiris”. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol. 5, No. 1, h. 47-68.

Emirzon, Joni. 2007. Prinsip-Prinsip GCG, Genta Press : Jogjakarta.




DOI: https://doi.org/10.26618/jeb.v7i1.1098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 BALANCE : JURNAL ILMU EKONOMI



View My Stats

Flag Counter