Analisis Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI SDN 12 Singkawang

Mita Mita, Emi Sulistri, Mertika Mertika

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemandirian belajar siswa di kelas VI-B SDN 12 Singkawang. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 orang siswa kelas VI-B SDN 12 Singkawang. Objek dalam penelitian ini adalah kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VI SDN 12 Singkawang. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini berupa angket dan wawancara sesuai dengan indikator kemandirian belajar yang telah diujikan dengan validitas isi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sangat mandiri pada saat belajar pada mata pelajaran IPS dengan rata-rata 72,5. Adapun siswa percaya diri pada saat belajar mata pelajaran IPS mempunyai rata-rata 79 dengan kategori sangat mandiri, tanggung jawab pada saat belajar mata pelajaran IPS mempunyai rata-rata 81 dengan kategori sangat mandiri, displin pada saat belajar mata pelajaran IPS mempunyai rata-rata 85 dengan kategori sangat mandiri dan inisiatif pada saat belajar mata pelajaran IPS mempunyai rata-rata 64 dengan kategori mandiri.

 

 


Keywords


Analisis; Kemandirian Belajar; Pelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S, dkk. 2018. Analisis Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Di Kelas X SMA Negeri 3 Sintang. Jurnal Ilmiah, 6(2), 4

Hendriana, E. C. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Ilmu Pendidikan. 1(2).

Morrison, G. 2012. “Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini”. Jakarta :PT Indeks.

Rahmat, S. 2019.“Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori dan Aplikasinya”. Medan: Penerbit LPPPI

Sriyono H. 2015. “Bimbingan dan Konseling Belajar Bagi Siswa di Sekolah”. Depok :PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. 2013. “ Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D”. Bandung :Penerbit Alfabeta.

Suid, dkk. 2017. Analisis Kemandirian Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas III SD Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal unsyiah. 1(5), 80.

Sukmadinata, N. S. 2011. “Metode Penelitian Pendidikan”. Bandung:. PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. 2014. “Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar”. Jakarta: Pramedia Group.

Tresnaningsih, F. Dkk. 2019. Kemandirian Belajar Siswa Kelas III SDN Karang Jalak 1 Dalam Pembelajaran Tematik. 6(2), 5-6

Zubaedi. 2011. “Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan”. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya