Tuturan Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa di Rektorat Universitas Tadulako

Muhammad Fasli, Gusti Ketut Alit Suputra, Ida Nur’aeni

Abstract


Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah bentuk tuturan tenaga kependidikan dan mahasiswa di Rektorat Universitas Tadulako, dan bagaimanakah fungsi tuturan tenaga kependidikan dan mahasiswa di Rektorat Universitas Tadulako”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk tuturan tenaga kependidikan dan mahasiswa di Rekorat Universitas Tadulako dan untuk mendeskripsikan fungsi tuturan tenaga kependidikan dan mahasiswa di Rekorat Universitas Tadulako. Metode penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif. Metode pendekatan kualitatif mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur antara tenaga kependidikan dan mahasiswa di rektorat Universitas Tadulako. Data pada penelitian ini adalah berupa hasil rekaman tuturan antara tenaga kependidikan dan mahasiswa di rektorat Universitas Tadulako pada saat terjadi interaksi langsung. Sumber data yang menjadi subjek penelitian ini adalah tenaga kependidikan dan mahasiswa Universitas Tadulako. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan metode analisis data, yakni mendeskripsikan tuturan tersebut kemudian memberikan kesimpulan tentang data yang dianalisis. Berdasarkan analisis data yang dilakukan , maka peneliti menemukan hasil penelitian tentang tindak tutur lokusioner, ilokosi, perlokusi tenaga kependidikan dan mahasiswa yang berupa lokusioner pada bagian representatif,direktif, asertif, komisif. Pada bagian tindak tutur ilokusi di peneliti menemukan ilokusi pada bagian eksersitif, behabitif, ekspositif. Untuk tindak perlokusi peneliti menemukan bagian Convicial. Selanjutnya peneliti juga menemukan tuturan langsung yang meliputi kalimat berita dan kalimat tanya dan tuturan tidak langsung yang berupa kalimat berita. Kepada para peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti tidan tutur lokusioner, ilokusi, perlokusi pada konteks yang berbeda. 


Keywords


Tuturan; Tenaga Kependidikan; Mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

D. G. B. E. I Made Pradipta Adhiguna. (2019). I Nyoman Adi Susrawan, “Analisis Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indoensia Di Kelas XI MIPA 7 SMA N 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019,” J. Bakti Sar ; 204–21.

Dwiloka, Bambang dan Rati Riana. (2005). Teknik Menulis Karya Imliah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, dan Laporan Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ena N. (2018).Tindak Tutur Langsung Dan Tidak Langsung Guru Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Xi Sma Adabiah Padang. Skripsi:Universitas Negeri Padang.

Fitria H.K. (2021). Fungsi Tindak Tutur Ilokusi Asertif Dalam Naskah Drama Dantons Tod Karyageorg Büchner. Jurnal: Universitas Negeri Surabaya.

Hidayati I.W. (2017). Tindak Tutur Behabitif Behabitif Behabitif Dalam Sekuel FilmMontmartre. Skripsi: Universitas Sam Ratulangi.

Mariasari S dan Hadiningrum I. (2019). Tindak Tutur Representatif Dalam Film Pendek Polapike Episode Mati Lampu. Jurnal. Purwokerto:UNSOED”

Meibauer, J. (2008). Pragmatik: Eine Einführung Zweite, verbesserte Auflage. Tubingen: Stauffenburg Verlag.

N. B. Q. A’yuni and P. Parji. (2017) “Tindak tutur ilokusi novel Surga Yang Tidak Dirindukan karya Asma Nadia (kajian pragmatik),” Linguist. J. Ilm. Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya.

Putrayasa, Dinda Noviana. (2017). Tindak Tutur Representatif Dalam Rubrik Opini Surat Kabar Kompas Edisi Maret 2017 Sebagai Alternatif Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di SMA. Jakarta.

Putri, Septianing Caca. (2020). “Bentuk Tuturan Imperatif Tayangan Mata Najwa: Topik Ujian Reformasi.” Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (4): 141-48.

R. I. Sari. (2018). “Bentuk Tuturan Direktif Pada Guru Dalam Situasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X Man Malang 1,” kembara J. Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya,

Ratna E., Ermanto dan Elmita W. (2013). Tindak Tutur Direktif Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Tk Nusa Indah Banuaran Padang.Jurnal. Universitas Negeri Padang.

Safitri, Kurnia. (2014). “Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sawon”. Skripsi. FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Santi. (2014). Bentuk Dan Fungsi Tindak Tutur Ilokusi Komunikatif Dalam Novel“Sepetak Rumah Untuk Tuan Biswas” Karya V.S Naipaul. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo.

Sari E.N. (2019). Analisis Jenis Dan Fungsi Tindak Tutur Ilokusi Komisif Dalam Film Le Petit Nicolas Karya Laurend Tirard. Skripsi:Universitas Negeri Semarang.

Searle, Rio Irwan Saputra. (1993). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Dalam Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Buya Hamka Dan Pemanfaatannya Bagi Pembelajaran Apresiasi Sastra Di SMP Al-Khairiyah. Cilegon Jalan H. Enggus Arja.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya