Pengembangan Multimedia Interaktif Subener (Sumber Energi) Pada Materi Sumber Energi Kelas IV SD
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SDN 2 Lirboyo guru tidak menggunakan media dan hanya menggunakan metode ceramah, sehingga dilakukan penelitian pengembangan media interaktif subener di kelas IV materi sumber energi. Tujuan penelitian untuk mengetahui kevalidan, keefektifan dan kepraktisan media subener. Model pada penelitian ini adalah model ADDIE. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif dengan subjek penelitian 22 siswa kelas IV SDN 2 Lirboyo. Hasil penelitian pengembangan media subener yaitu: 1) media subener dinyatakan sangat valid dan sangat baik digunakan dengan presetase dari validasi media 92% dan 90% validasi materi; 2) media subener dinyatakan efektif dengan presentase ketuntasan belajar klasikal 80% ; 3) media subener dinyatakan praktis dengan presentase respon guru 90% dan respon siswa 92%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran subener pada materi sumber energi dapat digunakan untuk pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S . 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Arsyad Azhari. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers
BSNP. 2006. Standar Isi untuk Sekolah Menengah dan Dasar. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan
Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
UU No. 20 tahun 2003 , Sistem Pendidikan Nasional pasal 3. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://luk.staff .ugm.ac.id. Diakses tanggal 15 Mei 2020
Arief S. Sadiman. dkk. (1996). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan. Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Sadiman , Arief S, dkk . 2007. Media Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Sugiono. 2010. Belajar & Pembelajaran. Kediri: Univ Nusantara PGRI
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta:Kata Pena
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo
Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandumg:Alfabeta
Ismawati, Esti. 2012. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Ombak.
Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Jakarta: Prenada Media Group
.
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6667
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .