Analisis Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mata Pelajaran Pendidikan Fiqih di SMK Muhammadiyah Semim
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (1993). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT. Bina aksara.
Arora, A. K., & Srinivasan, R. (2020). Impact of pandemic COVID-19 on the teaching – learning process: A study of higher education teachers. Prabadhan: Indian Journal of Management, 13(4). https://doi.org/10.17010/pijom/2020/v13i4/151825.
Aryati A., & Azizah N., (2020). Analisis penelitian tentang pembelajaran jarak jauh mata pelajaran PAI masa pendemi Covid-19. AT-TA’LIM (Jurnal Media Informasi Pendidikan Islam), Vol. 19, No. 2, pp 401-415, 2020.
Gogot Suharwoto, “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan”, diakses dari https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pembelajaranonline-di-tengah-pandemi-covid-19-tantangan-yang-mendewasakan/.
Hamid, A.H. (2021). Problematika Pembelajaran Fiqih Terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh. EDURELIGIA, Januari-Juni 2021 Vol. 05 No. 01 pp.1-17
Ismail, N. (2015). Metodologi Penelitian untuk Studi Islam Panduan Praktis dan Diskusi Isu. Yogyakarta: Samudra Biru.
Istianah, A. (2017). Efektifitas Model Pembelajaran Otentik Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus di SMK Muhammadiyah Kawali. IAID: Ciamis.
Joenady, A.M. (2020). Remodeling Pembelajaran Bagi Guru. Yogyakarta: Noktah.
Kencana, Wayan Nur., & Sumartana, P.P. (1986). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
MAJELIS DIKDASMEN (2017). Kurikulum Pendidikan Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA). PP. Muhammadiyah: Jakarta
Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset
Ni’mah, Faiqotul Izzatin, ‘Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) Pada Homeschooling “Sekolah Dolan"’, Manajemen Pendidikan, 25.1 (2016), 112–19.
Novianti, E., Fatkhia, A.R. & Nuryana, Z. (2020). Analisis Kebijakan Pembelajaran PAI Di Masa Pandemi: Peluang dan Tantangan.UHAMKA (Jurnal Pendidikan Agama Islam), Vol. 11. No. 2. 2020.
Nuryana, Z. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan Agama Islam. TAMADDUN (Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan), 19 (1), 75-86. Doi:10.30587/tamaddun.v0i0.818.
Prawiyogi A,G., Purwanugraha A., Fakhry G., & Firmansyah M., (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 94-101. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081.
Setiawan, A. R., Puspaningrum, M., & Umam, K. (2019). Pembelajaran fiqih mu’āmalāt berorientasi literasi finansial. Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education, Vo. 6 No.2, 187-192.
Siahaan, M. (2019). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. JKI (Jurnal Kajian Ilmiah) diakses pada bulan desember 2021.
Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tîrziu, A. M., & Vrabie, C. (2015). Education 2.0: E-learning methods. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 186, 376-380.doi: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i2.6609
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .