Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Sekolah di SMA Mujahidin Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter keagamaan melalui budaya sekolah di SMA Mujahidin Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PPKn, guru PAI, dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter keagamaan melalui sekolah di SMA Mujahidin Pontianak melalui kegiatan rutin, keteladanan, kegiatan spontan dan pengkondisian. Kegiatan rutinnya adalah sholat berjamaah, membaca surah pendek Al-Qur'an dan berdoa sebelum dan sebelum pembelajaran, infaq setiap hari jum'at, dan piket kelas Kegiatan keteladanan dari cara berpakaian yang rapi dan sopan serta disiplin dari kepala sekolah, guru,tenaga administrasi dan tenaga kependidikan lainnya. Kegiatan spontan pemberian santunan jika ada warga yang sukhaekha. Pengkondisian berupa penyediaan fasilitas seperti mushola, tempat wudhu yang terpisah antara putra dan putri, tempat penyimpanan Al-Qur'an, slogan/poster yang berkarakter, penyediaan tempat sampah dan lingkungan sekolah yang bersih dan rapi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bogomaz, S. A., Litvina, S. A., Kozlova, N. V., & Atamanova, I. V. (2015). Culture-specific Subjective Evaluation of Character Strengths. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 200(October), 92–100. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.08.024
Kholis, N. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam Melalui Budaya Sekolah. 05(02), 047–065.
Lubab, S. B. B. (2017). Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Religius Siswa di MTS Nurul Huda Dempet Demak.
Megawati, Sulistyarini, & Ulfah, M. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Religius oleh Guru Dalam Pembelajaran Sosiologi Di SMA YPK Pontianak. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Pradana, Y. (2016). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Lokal (Studi Deskriptif di SD Amaliah Ciawi Bogor). 1(1), 1–10.
Rohendi, E. (2016). Pendidikan Karakter Disekolah. 31(12), 723–730. https://doi.org/10.13347/j.cnki.mkaq.2010.09.001
Rokhman, F., Hum, M., Syaifudin, A., & Yuliati. (2014). Character Education for Golden Generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1161–1165. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.197
Siswanto. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Religius. Pendidikan Karakter, 8 Nomor 1, 92–107.
Sulistyarini, Rosyid, R., Dewantara, J. A., & Purwaningsih, E. (2020). Pancasila Character Education in Teaching Materials to Develop College Students’ Civic Disposition. 418(Acec 2019), 325–330. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200320.063
Surya, P. (2012). Peran Penting Tenaga Administrasi Sekolah Dalam Penguatan Budaya Sekolah untuk Implementasi Pendidikan Karakter. School Culture. https://doi.org/10.4135/9781446219362
Syamsuri, S. (2019). Analisis Konsep Theory Of Planned Behavior Terhadap Pembelajaran Wirausaha Dan Pendidikan Ekonomi Keluarga Pelaku Umkm. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(2), 101–113. https://doi.org/10.36706/jp.v6i2.9795
Widodo, H. (2017). Manajemen Perubahan Budaya Sekolah. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 287–306. https://doi.org/10.14421/manageria.2017.22-05
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i3.5920
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .