Kesetaraan Gender Masyarakat Transmigrasi Etnis Jawa
Abstract
Penelitian tentang Kesetaraan Gender Masyarakat etnis Jawa (Studi Kasus Desa Sidomukti Kabupaten Luwu Utara). Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, pengumpulan data digunakan dengan cara wawancara, observasi, teknik dokumentasi dari hasil foto dan arsip yang dimiliki oleh pemerintah setempat dan menggunakan tehnik lain. Metode penelitian yang saya gunakan adalah metode kualitatif, adapun lokasi penelitian di Desa Sidomukti Kabupaten Luwu Utara.Penunjukan didasarkan karena pada Desa ini merupakan daerah transmigrasi yang di padati oleh transmigran asal jawa.Dalam penelitian ini, desain yang digunakan adalah desain studi kasus tentang kesetaraan gender etnis Jawa di dalam masyarakat transmigrasi dan tipe penelitian yang digunakan yaitu secara deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pada masyarakat etnis Jawa di desa Sidomukti Kabupaten Luwu Utara kesetaraan gender sudah terjadi sejak dahulu.Faktor yang menyebabkan terjadinya kesetaraan gender pada masyarakat etnis Jawa adalah faktor ekonomi dan sudah bekerja sebelum menikah. Dimana para perempuan atau istri turut membantu suami untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.Namun para perempuan atau istri tetap mengingat kodratnya sebagai perempuan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa kesetaraan gender yang ada pada masyarakat di Desa Sidomukti sudah terjadi sejak dahulu, dan faktor yang menyebabkan adalah faktor ekonomi dan sudah bekerja sebelum menikah.
Kata Kunci: Kesetaraan Gender, Transmigrasi, Etnis Jawa.
Full Text:
PDF Kesetaraan Gender MasyarakatReferences
Agger, Ben. (2013). Teori Sosial Kritis (Kritik, Penerapan, Dan Implikasinya) :Yogyakarta: Kreasi Wacana Yogyakarta.
Alwasilah, A. Chaedar. (2003). Pokoknya Kualitatif Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian kualitatif. Bandung: Pustaka Jaya.
Baron, A. R. (2000). Psikologi Sosial. Bandung: Khazanah Intelektual.
Fakih, M. (1996).Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
--------- (2006). Analisis Gender dan Transformasi Sosial Edisi revisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kahmad, Dadang. (2006). Sosiologi Agama.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Maleong, Lexi J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
---------. (2014). Metodologi Penelitian KualitatifEdisi revisi.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mosse, J. C. (1996). Gender & Pembangunan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muin, Idianto. (2014). Sosiologi SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Mulyana, D. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif: paradigma baru ilmu komunikasi dan ilmu sosial lainnya.Cetakan ketiga. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahmawati, A. (2004). Persepsi Remaja tentang Konsep Maskulin dan Feminim Dilihat dari Beberapa Latar Belakangnya. Skripsi pada Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Ritzer, George & Douglas J. Goodman.(2004). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana.
Satori, Djam’an & Aan Komariah.(2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Santrock, J. W. (2002). Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.
Setiadi, M. Elly & Usman Kolip.(2011). Pengantar Sosiologi. Jakarta: Kencana
Soekanto, Soerjono. (2007). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Syaodih, Nana. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v3i1.516
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .