Perempuan Maskulin
Abstract
Penelitian tentang Perempuan Maskulin (study Kasus Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone).Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimanakah Proses pembentukan karakter maskulin pada perempuan, pandangan masyarakat terhadap perempuan maskulin dan bagaimanakah implikasi sosial perempuan maskulin dalam keluarga dan masyarakat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan masyarakat terhadap perempuan yang berkarakter maskulin dan implikasi sosial perempuan maskulin. Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif ditunjang dengan pendekatan study kasus, pengumpulan data digunakan dengan cara observasi, wawancara mendalam, teknik dokumentasi dari hasil foto . Dalam penelitian ini, yang menjadi sasaran penelitian adalah pertamam perempuan yang dianggap maskulin, kedua tokoh masyarakat yang dianggap bisa memberikan informasi atau data yang sesuai dengan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pembentukan karakter maskulin pada perempuan dipengaruhi oleh faktor kebiasaan yang dilakukan dari kecil, dan faktor lingkungan .serta pandangan masyarakat tentang perempuan maskulin merupakan sebuah penyimpangan identitas gender manusia, walaupun demikian masyarakat menghargainya sebagaimana manusia lainnya, itu adalah hak mereka dalam menjalani hidup serta selama itu tidak melanggar norma norma dan nilai nilai yang ada dimasyarakat. Adanya perempuan maskulin memberikan implikasi sosial dikalangan masyarakat dengan memberikan stereotip.
Kata Kunci :Perempuan maskulin, Penyimpangan, Gender.
Full Text:
PDF Perempuan MaskulinReferences
Azis, Asmaeni. (2007). Feminisme profetik.Yoyakarta : Kreasi Wacana.
Budiati,Asry.(2011). Gaya Hidup Lesbian.Makassar (study kasus dikota Makassar) skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Hasanuddin
Illich, Ivan.(2007). Matinya grnder.Yokyakarta : Pustaka Pelajar.
Jahja, Yudrik. (2011). Psikologi Pendidikan.Jakarta : Kencana
Moleong, J.Lexy. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: Rosdakarya.
Mosse, Cleves, Julia. (2007). Gender dan Pembangunan. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.
Narwoko, Dwi, J. dan Suyanto, Bagong.(2011). sosiologi teks pengantar dan terapan. Jakarta: Kencana.
Nugroho, Riant. (2011). Gender dan Strategi Pengarus Utamaannya di Indonesia. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.
Paizaluddin, Ermalinda. (2013). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Teoritis danPraktis. Bandung: Alfabeta.
Ritzer, George dan Goodman,J.,Dauglas.(2007). Teori Sosiologi Modern.Jakarta : kencana.
Sarwono, Wirawan, Sarlito. (2013). Teori Teori Psikologi Sosial.Jakarta : Rajagrafindo Persada.
Sugihastuti dan Septiawan, Hadi, Itsna.(2010). Gender Dan Inferioritas Perempuan.Yokyakarta : pustaka pelajar
Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiono.(2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suryabrata,Sumadi. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Miqi Altri.(2012). Propaganda Cewek Maskulin. Diakses 30 oktober 2012 (http:// m. kompasiana. com/ post/ read /504677/2/ propaganda - cewek-maskulin. html) diakses 20 Oktober 2013
Tsania Hd. (2009).Wanita menurut Ariestoles dan Plato, diakses Senin,19 Januari 2009,(http://parkinstitute.blogspot.in/2009/01/wanita_menurut_ariestoteles_dan_plato.html?=1)diakses 20 Oktober 2013
Wikipedia. (2014).androgini.,(http: //id.m.wikipedia.org/ wiki/Androgini)diakses pada 1 Mei2014
Wikipedia.(2013).Tomboi, (http://id.m.wikipedia.org/ wiki/tomboi)diakses 20 Oktober 2013.
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v3i1.513
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .