Status Sosial Orang Tua dan Prestasi Akademik Siswa
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah keterkaitan dan hubungan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui gambaran tentang status sosial ekonomi orang tua siswa. (ii) Untuk mengetahui tingkat prestasi akademik siswa. (iii) Untuk mengetahui keterkaitan status sosial ekonomi orang tua terhadap tingkat prestasi siswa di Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang bertujuan mengetahui hubungan status sosial ekonomi terhadap prestasi siswa. informan di tentukan secara purposive sampling berdasarkan karakteristik informan yang telah ditetapkan yaitu orang tua siswa, tenaga pendidik, masyarakat, pemerintah dan siswa. Tekhnik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam. Teknik analisis data melalui berbagai tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, waktu dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) Tingkat status sosial ekonomi orang tua siswa di kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru dapat dikatakan sebagian besar berstatus sosial ekonomi menengah ke bawah. (ii) siswa di kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru, memiliki prestasi yang sangat baik. (iii) Keterkaitan Status sosial ekonomi orang tua siswa dengan prestasi akademik siswa, dapat dikatakan tidak memiliki keterkaitan yang signifikan.
Kata Kunci : Status, Sosial, Ekonomi.
Full Text:
PDF Status Sosial Orang Tua danReferences
Astrid S. Susanto, (1983) Pengantar Sosiologi, (Jakarata : Bina Aksara
Desiningrum, D. R. (2015). Kecerdasan Interpersonal Pada Remaja Yang Pernah Menjadi Korban Child Abuse.
Hassan Sadilly (2007) Sosiologi: Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat. PT Grafindo Media Pratama
Henslin, James M. (2007). Sosiologi dengan Pendekatan Membumi, jilid 1,edisi 6. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Knopfemacher (dalam Suwono, 1978) Pengertian Mahasiswa. (Online) (http://definisipengertian.com/2012/pengertian-definisi-mahasiswa-menurut-para-ahli/. Di akses pada tanggal 5 januari 2016)
Maftukhah. (2007). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun 2006/200, skripsi diajukan untuk memperoleh gelar sarjana pendidikan geografi pada UNS,(Online), (digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi/index/assoc/HASH0152/doc. diakses pada tanggal 1 Januari 2016).
Manginsihi, O., YUNUS, H., & MOPANGGA, H. (2013). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X di SMK Negeri 4 Gorontalo. KIM Fakultas Ekonomi & Bisnis, 1(1).
Marhaeni, N. (2016). Hubungan kecerdasan emosi dengan prestasi belajar matematika siswa kelas v sekolah dasar segugus i kecamatan wates kabupaten kulon progo tahun ajaran 2015/2016. Basic education, 5(4), 334-343. Nirwana Mahmud skripsi sosial budaya
Nasution, S. (2008). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Nasrun. (2008). PrestasiBelajar(www.prestasi.com/belajarnews/0544/saq/html.)diakses pada tanggal 7 Januari 2016).
Opit (2001). Meraih Nilai Akademik Maksimal, (Online, http://www.pend-tinggi.com/ nilai098+akademik/html., diakses pada tanggal 14 Januari 2016)
Oemar, Hamalik. (2003). Metode belajar & kesulitan-kesulitan belajar. Bandung: tarsito.
Pitirim A.Sorokin dalam Soekanto (2003) Soosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
peraturan pemerintah RI No.30 tahun 1990. Pengertian Mahasiswa. https://unpaztoday.wordpress.com/akademik/mahasiswa/Di akses pada tanggal 5 januari 2016)
Qohar. (2007). Prestasi Belajar Akademik, (http://www.prestasi+akademik-/ belajar news/235/saq/html) diakses pada tanggal 14 Januari 2016).
Sahputra, Naam. (2009). Hubungan Konsep Diri Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa S1 Keperawatan Smester III Kalas Ekstensi PSIK FK USU Medan,(repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/14291/1/09E00579.pdf diakses pada tanggal 5 januari 2016)
Setiawan. (2008). Meraih Nilai Akademik Maksimal, (Online), http://www.pend-tinggi.com/nilai098+akademik/html., diakses pada tanggal 14 Januari 2016)
Soetjiningsih, (2006) Status sosial ekonomi (http://www.prestasi+akademik-/ belajar news/235/saq/html) diakses pada tanggal 14 Januari 2016).
Soemantri (dalam Nurani, 2004) prestasi akademik
Said Gatara, A.A, dan Dzulkiah Said, Moh. (2007). Sosiologi Politik, Konsep dan Dinamika Perkembangan Kajian. Bandung: CV Pustaka Setia.
Said Gatara, A.A, dan Dzulkiah Said, Moh (2007) Sosiologi Politik, Konsep dan Dinamika Perkembangan Kajian. Bandung: CV Pustaka Setia.
Soekanto, Soerjono. (2006). Soosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Soekanto, Soerjono (2003) Soosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Soekanto, Soerjono (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali PRESS.
Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sarwono (1978) Pengertian Mahasiswa. (Online http://definisipengertian.com /2012/pengertian-definisi-mahasiswa-menurut-para-ahli/ Di akses pada tanggal 5 januari 2016)
Undang-Undang Dasar Tahun 1945 Republik Indonesia. tentang Sistem Pendidikan Nasional.
UU RI NO. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
YUDHIARTI, N. P. (2016). hubungan kecenderungan trait kepribadian conscientiousness dan agreeableness dengan regulasi diri dalam belajar pada siswa smk nagara di ngawi (doctoral dissertation, uin sunan kalijaga yogyakarta).
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i2.501
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .