Tapak Suci dan Karakter Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan tapak suci dalam membentuk karakter siswa di SMA Negeri 1 Malangke Kabupaten Luwu Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian bersifat kualitatif dengan bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa, dengan kriteria siswa yang ikut dalam ekstrakurikuler Tapak suci. Data dari hasil wawancara diorganisasikan, dikelompokkan, dan selama atau sesudah analisis data dilakukan telaah kepustakaan yang relevan dengan masalah penelitian ini. Kegiatan analisis data ialah mengatur, mengukur, mengelompokkan, memberikan kode, dan mengategorikannya. Proses pembentukkan karakter siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler tapak suci di SMA Negeri 1 Malangke dilaksanakan seperti menanamkan nilai disiplin, seperti datang tepat waktu, menaati peraturan, dan disiplin beribadah. Nilai religius ditanamkan melalui berdoa sebelum dan sesudah latihan, wisata alam, melaksanakan shalat. Nilai kreatif ditanamkan melalui penguasaan jurus tapak suci dan melalui kegiatan seperti bakti sosial yang memancing daya pikir siswa. Nilai komunikatif ditanamkan melalui kegiatan dan penugasan kelompok serta siswa yang dekat dengan pelatih untuk bercerita masalahnya. Nilai menghargai prestasi ditanamkan melalui pemberiaan penghargaan bagi siswa yang menang pertandingan dan menerima kekalahan jika belum berhasil menang. Nilai cinta tanah air ditanamkan menggunaan seragam tapak suci dan bahasa resmi ketika latihan serta melalui pengajaran materi ke-tapak suci-an. Nilai peduli sosial ditanamkan melalui kegiatan yang berguna bagi kepentingan bersama seperti bakti sosial.
Kata Kunci : Tapak Suci,Karakter, Siswa
Full Text:
PDF Tapak Suci dan Karakter SiswReferences
Afifuddin. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : CV . Pustaka Setia.
Budiningsih, Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. (2015). Pedoman Penulisan Skripsi.Makassar.Unismuh Makassar.
Hasbullah. (2005). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Edisi Revisi.
Kasman, Yusniar. (2014). Peran Orang Tua Terhadap Penanaman Nilai-Nilai Sosial Pada Perilaku Remaja Di Desa Baraka Kabupaten Enrekang. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Komariah, Aan. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfaabeta.
Muhammadiyah, Marham. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar.
Narwoko, J. Dwi & Suyanto, Bagong. (2010). Sosiologi Teks Pengantar Dan Terapan. Jakarta: Kencana Predada Media Group.
Poloma, Margaret M. (2010). Sosiologi Kontemporer.Jakarta. Raja Grafindo persada.
Ruliana, Poppy. (2014). Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Supriadi. (2014). Laporan Kemuhammadiyaan. Makassar: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Unismuh Makassar.
Suwaryo. (2008). Peranan Organisasi Perguruan Seni Belah Diri Pencak Silat Dalam Meminimalisasi Kejahatan, Skipsi. Program Magister Ilmu hukum UD Semarang.
Syamsuddin. (2011). Praktis Realitas Sosial Dulu Dan Sekarang (Pendekatan Sosiologi Klasik Dan Modern). Makassar:Unismuh Makassar.
Tukijan, Eddy. (2009). Sosiologi Pendidikan. Makassar: Adika.
Zuhrotunnisa, Ulfa. (2013). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Ektrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyaan, skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i2.496
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .