Analisis Model Pembelajaran Pada Kelas E-Learning

Paskalina Widiastuti Ratnaningsih, Ria Triayomi

Abstract


Pembelajaran E-learning menjadi platform yang digunakan selama pandemi Covid 19. Pengajar mengawasi yang tepat selama E-learning. E-learning merupakan salah satu bentuk model pembelajaran yang difasilitasi dan didukung pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Dosen dan mahasiswa di lingkup universitas juga berfokus pada E-learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyampaian materi pembelajaran, tugas, metode pembelajaran, dan media yang digunakan dalam pembelajaran E-learning. Penelitian ini menggunakan metode survei. Instrumen pada penelitian ini yaitu kuesioner dan wawancara. Hasil dari kuesioner dan wawancara dapat menyatakan bahwa materi pembelajaran lebih banyak disampaikan dengan Google Meet atau Zoom dan materi disampaikan dengan baik. Responden juga mencari pengetahuan secara mandiri di internet. Pada tugas pembelajaran dapat dipercaya bahwa terdapat banyak tugas pada pembelajaran E-learning, namun tugas yang diberikan memperdalam pengetahuan yang sudah ada. Pada metode pembelajaran E-learning dapat menyatakan bahwa metode yang digunakan lebih banyak dengan ceramah, diskusi, dan tugas. Tersedia pula metode masalah masalah dan menemukan secara mandiri yang digunakan dalam pembelajaran. Pada media pembelajaran E-learning yang digunakan, terdapat beragam media yang digunakan dimana sebagian besar menggunakan sistem manajemen pembelajaran universitas yaitu Lumen dan konferensi virtual seperti Google Meet atau Zoom. Faktor yang mendukung implementasi e-learning adalah mahasiswa maupun dosen sudah cukup melek informasi digital. Media internet yang sedemikian berdaya guna optimal untuk mendukung sistem tersebut.


Keywords


model pembelajaran, E-learning, materi pembelajaran, tugas, metode pembelajaran, media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Alim, N., Linda, W., Gunawan, F., Saad, M.S.M., The Effectiveness Of Google Classroom As An Instructional Media:A Case Of State Islamic Institute Of Kendari, Indonesia, Humanities & Social Sciences Reviews, 7 (2), 240 – 246

Febriyanti, R.H. & Sundari, H, Penerapan Penggunaan Platform Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Berbasis Daring, Rankiang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2 (1), 17-27

Clark, R.C. & Mayer, R.E. (2008). E-learning and the science of instruction: proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning, second edition. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston: Pearson Education, Inc.

Darmalaksana, W. (2020). WhatsApp Kuliah Mobile . Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89

Geng, S., Law, K.M.Y., Niu, B., Investigating self-directed learning and technology readiness in blending learning environment, International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17, 1-22

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J.D., Smaldino, S.E. (1993). Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences between m-learning (mobile learning) and elearning, basic terminology and usage of m-learning in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j. sbspro.2011.04.029

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110. 10.24235/ileal.v3i1.1820

Kusmana, A., E-Learning dalam Pembelajaran, Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 14(1), 35-51

Lange, C. & Costley, J, Improving online video lectures: learning challenges created by media, Christopher Lange1 and Jamie Costley, International Journal of Educational Technology in Higher Education, 1-18

Lestiyanawati, R., Widyantoro, A., The Strategies and Problems Faced by Indonesian Teachers in Conducting e-learning during COVID-19 Outbreak, Journal of Culture, Literature, Linguistics and English Teaching2 (1), 71-82

Li, F., Qi, J., Wang, G., Wang, X., Traditional Classroom VS E-learning in Higher Education: Difference between Students’ Behavioral Engagement, 9 (1), 48-51

Malyana, A., Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2 (1), 67 – 75

Munir. (2009). Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta

Richards, Jack C. & Rodgers, Theodore S. (2014). Approaches and Methods in Language Teaching: Third Edition. Cambridge: Cambridge University Press.

Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Santrock, J. W. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group

Sari, I.P., Supandi, Ariyanto, L., Pengembangan E-LearningBerbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII, Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2 (2), 102 – 107

Setiawardhani, R.T., Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Dan Internet Dalam Rangka Mengoptimalkan Kreativitas Belajar Siswa, Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1 (2), 82 – 96

Silahuddin, S, Penerapan E-Learning dalam Inovasi Pendidikan, Circuit: Jurnal Ilmu Pendidikan Elektro, 1(1), 48-59

Surkamp, Carola & Viebrock, Britta. (2018). Teaching English as a Foreign Language: An Introduction. Stuttgart: Springer-Verlag GmbH Deutschland




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya