Strategi Pemberdayaan Ekonomi Komunitas Berkebutuhan Khusus Melalui Industri Kreatif di Sidosermo Indah, Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi yang digunakan oleh Tiara Handicraft dalam melakukan pemberdayaan ekonomi komunitas berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil yang didapatkan para komunitas berkebutuhan khusus dapat bekerja dengan penunjang fasilitas yang cukup, sikap kekeluargaan yang sealu dikedepankan. Mereka merasa bahagia meskipun dengan perlakuan seperti manusia normal pada umumnya. Ibu Titik Winarti selaku pendiri juga telah mendapatkan berbagai penghargaan baik tingkat lokal, regional, nasional hingga internasional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A Partanto, Pius dan M. Dahlan Al Barry, 1994. Kamus Ilmiah Populer,
Yogyakarta: Arkola.
Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT
Rineka Cipta.
Biro Hukum Departemen Sosial RI. Peraturan Pemerintah No. Tahun Tentang
Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Penyandang Cacat, Jakarta:
Depdiknas.
Coloridge, 1997. Pembebasan dan Pembangunan, Perjuangan Penyandang Cacat
di Negara-Negara Berkembang, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Departemen Agama RI, 2007. Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: Syaamil
Qur’an.
Effendi, Muhammad . 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan,
Jakarta: Bumi Aksara.
W. J. S. Poerwodarminto, 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai
Pustaka.
Gerungan, 2009. Psikologi Sosial, Bandung: PT Refika Aditama.
Husman dan Purnomo, 1996. Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara.
J. Moleong, Lexy. 2000 Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT
Rosydakarya.
---------------------. 2004. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Lock, Jessica. 2011 Pendapatan dan Perubahan Terhadap Difabel, Malang:
UMM.
Moh. Ali Aziz, dkk. 2005. Dakwah Pemberdayaan Masyarakat: Paradigma Aksi
Metodologi, Yogyakarta: Putaka Pesantren.
Simandjutak, 1981. Beberapa Aspek Patologi Sosial, Bandung: Alumni.
----------------, 1985. Patologi Sosial, Bandung: Tarito.
Soematri, T. Sutjihatini. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa, Bandung: Refika
Aditama.
Soetomo, 2008. Strategi-Strategi Pembangunan Masyaakat, Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Suharto, Edi, 2010 Membangun Masyarakat Memperdayakan Rakyat, (Kajian
Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial Dan Pekerjaan Sosial), Bandung: PT Refika Aditama.
Tim Penyusun Kamus Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa, 2003. Kamus
Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka.
Vembrianto, 1984. Pathologi Sosial, Yogyakarta: Paramita.
Yatmo Hutomo, Mardi. 1996. Pemberdayaan Dalam Bidang Ekonomi: Tinjauan
Teoritik dan Implementasi, Jakarta: CSIS.
Peter Coleridge, Pembebasan dan Pembangunan, Hal. 86
Jurnal:
Rahbini, Pendidikan Inklusif, Sebuah Konstruksi Pendidikan Anti Diskriminasi
Bagi Difabel, dalam Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 2, No. 1, 2012.
Tarsidi, Didi. Mengatasi Masalah-Masalah Psikososial Akibat Ketunaetraan
Pada Usia Dewasa, dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. 18,
Nomor 1, Januari 2012.
Tohari, Slamet. Kemerdekaan Dalam Kuasa Normalisme, dalam Jurnal Maarif Vol. 3, No. 3, Tahun 2008.
Makalah:
Parsudi Suparlan, 1983. Metode Pengamatan, (Makalah dalam seminar Penelitian
dan Kebudayaan DEPDIKBUD.
Skripsi:
Ainul Mu’jibah, Pemberdayaan Difabel Melalui Program Pengembangan
Karakter, dalam skripsi, FD IAIN Surabaya, 2008.
Wawancara:
Wawancara dengan Ibu Titik Winarti, (Owner Tiara Handycraft), 18 April 2019.
Wawancara dengan Mas Ade Rizal 21 Mei, 11 Juni 2019.
Wawancara dengan Mas Amin 02 Juni 2019.
Wawancara dengan Mas Uklik dkk 02 Juni 2019.
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i2.4417
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .