Peran Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di MTS AL-Faaizun Watang Palakka

Siti Aisyah

Abstract


Penelitian ini mendekripsikan realitas MBS, partisipasi masyarakat, serta kontribusi  MBS terhadap peningkatan partisipasi masyarakat di MTs Al-Faaizun Watang Palakka Kec. Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Jenis penelitian deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan komite sekolah. Dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan pertama, pelaksanaan MBS dalam fleksibilitas, guru menentukan pembelajaran dan  program madrasah sesuai kebutuhan. Desentralisasi aktivitas pengajaran, pemecahan masalah efesien, strategi pencapaian tujuan, dan pertanggungjawaban. Mandiri dalam pengelolaan SDM, sarana dan prasarana, serta dana. Dimensi inisiatif SDM dalam peningkatan kerjasama, toleransi, dan pelatihan. Kedua, Partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan yaitu kehadiran rapat mencapai 70-80%, pemberian ide, ikut serta pelaksanaan kegiatan madrasah dalam bentuk dana, tenaga, dan materiil, serta melakukan pengawasan dan perbaikan kegiatan. Ketiga MBS telah berkontribusi dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program pendidikan maka masyarakat ikut serta memiliki madrasah sehingga berupaya mencapai tujuan pendidikan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.3805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya