Daya Tarik Interaksi Dunia Maya (Studi Perilaku Phubbing Generasi Milenial)
Abstract
Popularitas smartphone yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia dan menjadi kian digandrungi oleh genarasi milenial, sebenarnya tidak ada yang salah dari kehadiran smartphone tersebut karena setiap produk yang diciptakan itu mempunyai tujuan yang baik, hanya terkadang di dalam penggunaannya ada oknum yang menyalahgunakan ataupun sekedar berlebihan dalam penggunaannya.Disinilah kemudian titik tolak sebagai penggunaan smartphone yang tidak semestinya sehingga melahirkan gejala ataupun perilaku -perilaku sebagai akibat keberadaraannya.Salah perilaku tersebut yaitu Phubbing.Phubbing adalah sebuah perilaku anti sosial yang lebih menyukai untuk berinteraksi melalui dunia maya dibanding dunia nyata. Fenomena Phubbing telah menyebar ke hampir setiap lapisan masyarakat baik tingkat Umur, Pekerjaan, Pendidikan maupun Jenis kelamin termasuk generasi milenial yang saat ini tidak luput dari cengkraman perilaku itu. Sering terlihat bahwa orang-orang berkumpul Bersama tetapi sibuk dengan aktivitas masing-masing dengan smartphone. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: 1) Penyebab perilaku phubbing pada generasi milenial adalah Mengalihkan perasaan bosan, Menghindari topik pembicaraan yang tidak disukai, dan Teman disekitar juga melakukan phubbing. 2) Pola interaksi yang dibangun generasi milenial di dunia maya saat melakukan phubbing adalah Interaksi Sosial antar Individu dan Interaksi Sosial Antar Individu dan Kelompok.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Elok, Inta dan Nur Hidayah. (2018). Perilaku Phubbing Sebagai Karakter Remaja Generasi Z. Jurnal Fokus Konseling Universitas Negeri Malang. Diterbitkan.
Fonna, Nurdianita. (2018). Pengembangan industry 4.0 dalam berbagai bidang. Medan: Guepedia.
Juntao, Michael. Nokia smartphone hacks. (2005). United States Of America: O’ Reilly Media.
Juwita, Lilis, et.al. (2019). Stop Phubbing. Jakarta: Rumah Media.
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan BPS. (2018). Profil Generasi Milenial Indonesia. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Mahmudah, Siti. (2010). Psikologi Sosial, Malang: UIN Maliki Press.
IDN Media. (2019). Indonesia Milenial report 2019. Jakarta: IDN Research Institute.
Narwoko. (2007). Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana
Paul, Doyle Johnson. (1986). Teori Sosiologi Klasik dan Modern. Jakarta: PT Gramedia, anggota IKAPI.
Ramadiani, (2018). Model dan bentuk penelitian E-Learning menggunakan structural Equation Model. Samarinda: Mulawarman University Press.
Yuwanto, Listyo. (2010). Mobile Phone Addict. Surabaya : Putra Media Nusantara.
Varoth, Chotpitayasunondh dan Karen M. (2018). The effects of “phubbing” on social interaction. Journal of Applied Social Psychology Douglas University of Kent, United Kingdom. Diterbitkan.
Sumber Online :
Kominfo. (2019). Mengenai Generasi Milenial (online), https://www.kominfo.go.id/content/detail/8566/mengenal-generasi-millennial/0/sorotan_media. Diakses 27 November 2019.
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i1.3130
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .