Gerakan Makassar Tidak Rantasa
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengancara penentuan sampel melalui teknik Purposive Sampling dengan memilih beberapa informan yang memiliki kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Cara dinaskebersihankota Makassar dalam mensosialisasikan “Gerakan Makassar Tidak rantasa”, (2) Bentuk partisipasi masyarakat terhadap “Gerakan Makassar Tidak Rantasa”.Dari hasil penelitian menunjukkan Sosialisasi pemerintah pada program gerakan Makassar tidak rantasa adalah melalui sosialisasi MTR dari rumah kerumah (door to door) dan selain itu menggunakan brosur- brosur media cetak lainnya mengenai program MTR yang dilakukan oleh pemerintah kota makassar serta melibatkan camat dan lurah untuk turun serta dalam mensosialisasikan dengan memberikan pengarahan kepada warga mengenai masalah kebersihanserta bentuk partisipasi masyarakat yang berperan dalam pelaksanaan program MTR, dimana masyarakat menyediakan pot-pot bunga serta tempat sampah yang berada didepan rumah masing-masing guna untuk menjaga kebersihan masing-masing dan ikut sertanya masyarakat dalam kerja bakti yang diadakan pada satiap hari jumat.
Kata Kunci : Gerakan Sosial, Masyarakat, Makassar Tidak Rantasa.
Full Text:
PDF Gerakan Makassar Tidak RantaReferences
Abu Huraerah, (2008). Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat Model dan Strategi Pembangunan Berbasis Kerakyatan. Bandung: Humaniora.
Andrianto, Nico. (2007). Transparansi dan Akuntabilitas Publik melalui E_Government.Malang: Bayumedia Publising.
Arifin, Anwar, (1994).Strategi Komunikasi; Sebuah Pengantar Ringkas, Bandung, Armico.
Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Bugin, Burhan. (2006)Sosiologi Komunikasi. Jakarta: fajar interpratama mandiri.
Effendy, (1999). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Jim Ife dan Frank Tesoreiro, (2008),.Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi Community Development.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Keraf, Sonny. (2002) Etika Lingkungan.Jakarta :Kompas.
Maleong, lexi J. (2007).Metode Penelitian Kualitatif. Penerbit PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Rosda.
Munarfah, M. Andi dan Hasan Muhammad.(2009). Metode Penelitian. Jakarta: CV. Praktika Aksara Semesta.
Oliver, Sandra .(2007). Strategi Public Relations. Jakarta: Erlangga.
Profil Wilayah Kantor KecamatanTamalate 2015.
Ruslan, Roesady.(1998). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi.Bandung: Raja Grafindo Persada.
Sutanto, Astrid, (1988)Memasyarakatkan Ide-Ide Baru. Surabaya, Usaha Nasional.
Widjaja A.W. (1986). Komunikasi-Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bina Aksara.
Wiryanto.(2004). Pengantar Ilmu Komunikasi.PT. Grasindo, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v3i2.288
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .