Konflik Sosial Menantu Yang Tinggal Serumah Dengan Mertua (Studi Kasus Di Desa Lempang Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru)

Milda Rahmah, Hidayah Quraisy, Risfaisal Risfaisal

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa penyebab konflik terhadap menantu  yang tinggal serumah dengan mertua dan bagaimana bentuk strategi penyelesaian konflik terhadap menantu yang tinggal serumah dengan mertua. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif. Sampel penelitian mengunakan purposive sampling dengan 5 informan. Teknik pengumpulan data yang lakukan oleh peneliti adalah Observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang di gunakan yaitu metode deskriptif. Hasil penelitian membuktikan bahwa Berdasarkan pengamatan terhadap fenomena tersebut dapat dilihat bahwa menantu yang tinggal serumah dengan  mertua tidak merasakan kesejahteraan dalam hidupnya. Kesejahteraan tidak muncul begitu saja dari dalam diri individu, sehingga individu harus belajar dan membiasakan diri untuk mencapai kesejahteraan itu. Kebanyakan permasalahan individu dipacu dengan perasaan yang kurang nyaman dan tidak dapat mengendalikan emosinya sehingga akan mempengaruhi kesejahteraannya.

 


Keywords


Konflik Sosial, Menantu dan Mertua

Full Text:

PDF Download

References


Devi, Angga Herlin. 2017. Pengembangan Objek dan Daya Tarik Wisata Alam Sebagai Daerah Tujuan Wisata Di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Sosiologi DILEMA. 32(1):34-44.

Marliastri,S. 2015. Dampak Sosial Ekonomi Masyarakat Terhadap Obyek Wisata Maros Water Park Pattunuang Isue Kabupaten Maros. Makassar: Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Nursalam. 2016.Teori Sosiologi Klasik, Modern, Postmodern, Saintifik, Hermaneutik. Yogyakarta. Penerbit Writig Revolution.

Riswandi. 2015. Dampak Sosial Wisata Pantai Galesong Kabupaten Takalar. Makassar: Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Risfaisal. 2013. Perubahan Sosial Budaya Pada Masyarakat Adat Ammaoa Kajang. Makassar: Tesis Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar.

Bagus, Denny.2009. dampak pengembangan obyek wisata. http://jurnal- sdm.blogspot.com/2009/08/dampak-pengembangan-obyek-wisata.dampak.html#. (online) di akses pada tanggal 1 Januari 2019

Dammar, Swarni.2018. eksotisme wisata alam dante pine. http://www.google.co.id/amp/s/makassar.sindonews.com/newsread/8238/7/eksotisme-wisata-alam-dante-pine-enrekang-nan-memukau-1524290654. (online). Diakses tanggal 15 Januari 2019.

Havis Amran’s. 2015. Pengertian sumber daya Alam. https://apitswar.wordpress.com//pengertian-sumber-daya-alam–dan-jenisnya/. (online) Diakses tanggal 5 Januari 2019.

Madebayu. 2009. Dampak sosial pengembangan wisata. http://10/dampak-sosial-pengembangan-pariwisata-terhadap-masyarakat-dikawasan-tanjungbenoa. (online) diakses pada 15 Januari 2019.

Nur Fatih, 2016. seputar pengertian umum. http://seputar-pengertian-umumblogspot.com/2016/0 / pengertian-defenisi-pariwisata.html/m=1 . (online)

di akses tangga 13 Februari 2019.

Teropong. 2017. Pengertian sumber daya alam. https://formteropong.id/2017/10/16/pengertian-sumber-daya-alam-klasifikasi-jenispengelolaan-pemanfaatan-sumber-daya-alam-dan-hambatannya/. (online) di akses tanggal 14 Februari 2019.

Parepos. Fajar. 2019. Potensi ekonomi kabupaten enrekang.http://parepos.fajar.co.id/2019/06/melirik-potensi-ekonomi-kabupatenenrekang/.(online) diakses tanggal 09 Februari 2019.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v7i2.2626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya