Implementasi Sekolah Penyetaraan (Studi Sekolah Paket C di Polewali Mandar)
Abstract
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi data. Lokasi penelitian bertempat di Lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Wahyuri Kabupaten Polewali Mandar. Berdasarkan jenis penelitian, yang dijadikan sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data informan dan dokumen.
Hasil penelitian ini didapati bahwa kualitas pendidikan PKBM Wahyuri masuk dalam kategori baik terlihat dari adanya proses pembelajaran namun dalam hal sarana dan prasarana masih belum memadai dapat dilihat dari segi lengkapnya alat peraga tutor dalam mengajar, sehingga implementasi program Paket C masih sangat membutuhkan keikutsertaan masyarakat untuk berpartisipasi.
Pemerintah mengeluarkan undang-undang yang mengatur kesetaraan antara pendidikan formal, dan pendidikan kesetaraan yang merupakan solusi paling masuk akal untuk menyelesaikan permasalahan pendidikan di Campalagian. Namun, dalam pelaksanaannya pendidikan kesetaraan masih banyak yang harus dibenahi agar bisa bersaing dengan pendidikan formal di sekolah.
Keywords
Full Text:
PDF DownloadReferences
Anggara Sahya. 2014. Kebijakan Publik. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Departemen Pendidikan, Kebudayaan dan Olah Raga Kabupaten Polewali Mandar.
Dirjen PLS. 2000. Petunjuk Teknis Program Paket C Setara SLTA. Jakarta: Depdiknas.
Dirjen PLS. 2004. Standar Prosedur Operasional (SPO) Penyelenggaraan Ujian Nasional Paket A, Paket B, dan Paket C. Jakarta: Depdiknas
Djohani, Rianingsih. 2003. Partisipasi, Pemberdayaan, dan Demokratisasi Komunitas. Bandung: Studio Driya Media.
Emzir, 1999, Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rajawali Pers
Galbraith, Michael W., 1995, Community Based Organizations and The Delivery of Lifelong Learning Opportunities, diambil dari: http.//www.ed.gov/pubs/PLLIConf95/comm..html. (5 Mei 2019)
George Ritzer- Douglas J. Goodman. 2014. Teori Sosiologi. Bantul: Kreasi Wacana,hal 257-258
Hendrowanto Nibel. 2007. Keikutsertaan Warga Belajar Pada Program Kejar Paket C. dalam http://re-searchengines.com di akses 2 Mei 2019
Jalal, Fasli. (2001). Kebijakan Pemerintah di Bidang Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda (PLSP) dan Pelaksanaan Program Tahun 2001 serta RAPBN 2002. Depdiknas. Solo. Jornal Ilmu Pendidikan, (Online), (http://www.plsp. depdiknas.go.id/pengantar.html, diakses 10 Juli 2019).
Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 187/M Tahun 2004 mengenai Pembentukan Kabinet Indonesia Bersatu sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 31/P Tahun2007.
Miles Huberman. 1984. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Moloeng, Lexy J. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Penerbit Remaja Rosdakarya.
Nazir. (2005). Metode penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar Sajogyo.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 19 ayat (1), (2), (3), Pasal 20, Pasal 21 ayat (1), (2), Pasal 22 ayat (1), (2), (3), Pasal 23, dan Pasal 24.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2008.
Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2005 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi, dan Tata kerja Kementerian Negara Republik Indonesia sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 94 tahun 2006.
Sudjana, Djudju. 2008. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakrya.
Suejono Soekamto 2008. Pembangunan perdesaan PT.Penerbit patria Jaya.
Sudjana, H.D. 2000. Strategi Pembelajaran Dalam Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Falah Production.
Pendidikan Luar Sekolah Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah & Teori Pendukung, Serta Asas. Bandung: Fatah Production.
Pendidikan Luar Sekolah Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah & Teori Pendukung, Serta Asas. Bandung: Fatah Production.
Sudjana, H.D. (2000). Strategi Pembelajaran Dalam Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Falah Production.
Suharto Edi. 1997. Pembangunan Kebijakan dan Pekkerjaan Sosial Spectrum Pemikiran. SP-STKS. Bandung
Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Unesco and Unicef, 2011, Equivalency Programmes and Alternative Certified Lea rning “Achieving Education for All and Promoting Life Long Learning”.
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v7i1.2600
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .