Implementasi Sekolah Penyetaraan (Studi Sekolah Paket C di Polewali Mandar)

Sabhyati Asri Munandar, Nurdin Nurdin, Aliem Bahri

Abstract


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi data. Lokasi penelitian bertempat di Lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Wahyuri Kabupaten Polewali Mandar. Berdasarkan jenis penelitian, yang dijadikan sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data informan dan dokumen.

Hasil penelitian ini didapati bahwa kualitas pendidikan PKBM Wahyuri masuk dalam kategori baik terlihat dari adanya proses pembelajaran namun dalam hal sarana dan prasarana masih belum memadai dapat dilihat dari segi lengkapnya alat peraga tutor dalam mengajar, sehingga implementasi program Paket C masih sangat membutuhkan keikutsertaan masyarakat untuk berpartisipasi.

Pemerintah mengeluarkan undang-undang yang mengatur kesetaraan antara pendidikan formal, dan pendidikan kesetaraan yang merupakan solusi paling masuk akal untuk menyelesaikan permasalahan pendidikan di Campalagian. Namun, dalam pelaksanaannya pendidikan kesetaraan masih banyak yang harus dibenahi agar bisa bersaing dengan pendidikan formal di sekolah.


Keywords


Implementasi, Program Paket C

Full Text:

PDF Download

References


Anggara Sahya. 2014. Kebijakan Publik. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Departemen Pendidikan, Kebudayaan dan Olah Raga Kabupaten Polewali Mandar.

Dirjen PLS. 2000. Petunjuk Teknis Program Paket C Setara SLTA. Jakarta: Depdiknas.

Dirjen PLS. 2004. Standar Prosedur Operasional (SPO) Penyelenggaraan Ujian Nasional Paket A, Paket B, dan Paket C. Jakarta: Depdiknas

Djohani, Rianingsih. 2003. Partisipasi, Pemberdayaan, dan Demokratisasi Komunitas. Bandung: Studio Driya Media.

Emzir, 1999, Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rajawali Pers

Galbraith, Michael W., 1995, Community Based Organizations and The Delivery of Lifelong Learning Opportunities, diambil dari: http.//www.ed.gov/pubs/PLLIConf95/comm..html. (5 Mei 2019)

George Ritzer- Douglas J. Goodman. 2014. Teori Sosiologi. Bantul: Kreasi Wacana,hal 257-258

Hendrowanto Nibel. 2007. Keikutsertaan Warga Belajar Pada Program Kejar Paket C. dalam http://re-searchengines.com di akses 2 Mei 2019

Jalal, Fasli. (2001). Kebijakan Pemerintah di Bidang Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda (PLSP) dan Pelaksanaan Program Tahun 2001 serta RAPBN 2002. Depdiknas. Solo. Jornal Ilmu Pendidikan, (Online), (http://www.plsp. depdiknas.go.id/pengantar.html, diakses 10 Juli 2019).

Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 187/M Tahun 2004 mengenai Pembentukan Kabinet Indonesia Bersatu sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 31/P Tahun2007.

Miles Huberman. 1984. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Moloeng, Lexy J. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Penerbit Remaja Rosdakarya.

Nazir. (2005). Metode penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar Sajogyo.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 19 ayat (1), (2), (3), Pasal 20, Pasal 21 ayat (1), (2), Pasal 22 ayat (1), (2), (3), Pasal 23, dan Pasal 24.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2008.

Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2005 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi, dan Tata kerja Kementerian Negara Republik Indonesia sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 94 tahun 2006.

Sudjana, Djudju. 2008. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakrya.

Suejono Soekamto 2008. Pembangunan perdesaan PT.Penerbit patria Jaya.

Sudjana, H.D. 2000. Strategi Pembelajaran Dalam Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Falah Production.

Pendidikan Luar Sekolah Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah & Teori Pendukung, Serta Asas. Bandung: Fatah Production.

Pendidikan Luar Sekolah Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah & Teori Pendukung, Serta Asas. Bandung: Fatah Production.

Sudjana, H.D. (2000). Strategi Pembelajaran Dalam Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Falah Production.

Suharto Edi. 1997. Pembangunan Kebijakan dan Pekkerjaan Sosial Spectrum Pemikiran. SP-STKS. Bandung

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Unesco and Unicef, 2011, Equivalency Programmes and Alternative Certified Lea rning “Achieving Education for All and Promoting Life Long Learning”.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v7i1.2600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya