Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembinaan Akhlak Di SMP Unismuh Makassar

Nursuci Indriati Sukoco, Nurdin Nurdin

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini adalah SMP Unismuh Makassar merupakan sekolah yang berbasis agama namun siswa-siswanya masih ada yang sering melakukan penyimpangan yang tidak mencerminkan karakter religious,jujur, dan disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dan konsep pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak di SMP Unismuh Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak di SMP Unismuh Makasar, (ii) untuk mengetahui konsep pembinaan akhlak sehingga menjadi karakter di SMP Unismuh Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMP Unismuh Makassar. Dengan jumlah informan sebanyak 10 orang teknik dalam menentukan informan ini dilakukan dengan 3 cara yaitu infoman kunci, informan utama dan informan tambahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendisplaykan data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber, triangulasi waktu dan tringulasi teknik. Hasil penelitian dilapangan bahwa, (i) menunjukan bahwa peran guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter itu sangat penting. Pembinaan karakter disekolah dimulai dari awal pagi untuk menciptakan kondisi kondusif bagi perkembangan karakter peserta didik dan semua kegiatan pembelajaran harus tersentuh dengan pendidikan karakter. (ii) Pembinaan akhlak peserta didik dari personal diri pribadi kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya, jadi peserta didik masih melakukan penyimpangan perilaku karena kurangnya pertahan diri peserta didik dalam mengikuti perkembangan zaman sehingga mudah terpengaruh oleh teman, dan lingkungan di sekitarnya.


Keywords


Pendidikan Karakter, Akhlak

Full Text:

PDF

References


Abubakar Barja, Psikoogi Konseling dan Tehnik Konseling, Jakarta: Studia Press,2004 ).Cet.Ke -1 h,12

Alwi, Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto,Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani Ma’mur, Jamal,2016.Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. PT Diva Press.

Azmi, Muhammad,2016. Pembinaan Ahlakanak Usia Pra Sekoah Yogyakarta: Belukar.

Berkowitz, M.W. & Bier,M.C.2016.What Works In CharacterEducation: A Research-Driven Guide for Educators, Washington DC: Univesity of Missouri- St Louis.

Creswell.2012. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Depertemen Pendidikan Nasional, 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi tiga, Jakarta: Balai Pustaka. Edisi ke.1V, h.623. 2017 Edisi ke IV.

Fritjof Capra,Titik Balik Peradaban; Sains, Masyarakat dan Kebangkitan Kebudayaan,(Jakarta:Banteng Pustaka,2015) cetakan ke-VI,hlm.8-43.

Guntur Setiawan, Implementasi dalam Birokrasi Pembangunan,(Bandung, Remaja Rosda Karya, 2016),hal.39

Hanifa Harsono, Implementasi Kebijakan dan Politik,(Bandung Mutiara Sumber Widya,20017),hal.67.

Hasbullah.2015, Dasar-dasar Ilmu pendidikan. Jakarta : Raja Gravindo Perseda.

Haedar nashir, Pendidikan Karakter Berbasis Agama & Budaya,(Yogyakarta, Multi Presindo,2016),h 93-94

Hasan, M. (2006). Membentuk Pribadi Muslim. Yogyakarta: Pustaka Nabawi.

H.E. Mulyasa, Manajemen pendidikan karakter,(Jakarta,bumi Aksara,2017),h.9.

Kementrian Pendidikan Nasional.Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menegah. 2015. Pembinaan pendidikan karakter disekolah menegah pertama. Jakarta

Kementerian Pendidikan Nasional. 2016. Pengembangan Pendidikan Budaya danKarakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta:Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, (Jakarta: Bumi Aksara, 2015)

Merriam webster’s, Merriam-webster’s Collegiate Dictionary,(U.S.A: Merriam Webster’s Incorporated,2016,ce. 7,h.624

Mohammad Atiyah Al-abrsy, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Terjemah H.Bustami Dan a. Ghani, (Jakarta: Bulan Bintang,2016),cet.ke -4,h.104

Muchlas Samani dan Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, (Jakarta: Remaja Rosda Karya, 2015),hlm,44-45. 2017, Cet.1,h.43.

Nurla Isna Aunillah, Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah, ( Jogjakarta: Laksana, 2017), h.19.

Nurdi Usman, (2016) Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum,(Jakarta: raja grafindo persada,), hal.70

Proyek Penerapan Bimbingan Dakwah Agama,Bimbingan Rohani Islam Pada Darmawanita,( Jakarta: departemen agama,2016),h,8.

Pusat kurikulum Kementrian Pendidikan Nasional, Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter, (Jakarta : puskurbuk,2015) hlm.3-42

Raharjo,Susilo & Gudnanto. (2011).Pemahaman Individu Tehknik Non Tes, Kudus, Nora Media Enterprise.

Samani, Muclas dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Siddiqoh,D. 2014. Skripsi. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mengajar Kepemimpinan Kepada Madrasah dan Mengajar Pembelajaran Guru MI Se-Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. UIN Salatiga Press.

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta._2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Walgito,Bimo. (2010). Bimbingan dan Konseling Studi& Karir. Yogyakarta : Andi.

Winkel,WS & Hastuti,Sri.(2004). Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan, Yokyakarta : Media Abadi.

Ys. Majo, Kamus Populer, ( Surabaya:Beringin Jaya, 2016,)Cet. Ke-,h.24

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Media Type equation here.a Group ,2017),h.9

Zubaedi. 2016. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.(Jakarta : Kencana,2017),h. 74

Zuriah, Nurul. 2009. Metodologi Pendidikan Sosial dan Pendidikan. Jakarta:Sinar Grafika.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v6i2.2592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya