Ideologi Kesadaran Ekologi Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Tuban dan SMAN 2 Tuban
Abstract
Kesadaran Ekologi adalah tergeraknya jiwa seseorang, ingin mengetahui lebih dalam serta adanya perubahan tindakan yang dilakukan secara individu untuk peduli akan lingkungan disekitarnya. Disini pendidikan memiliki peran penting salah satunya dengan Pembelajaran PAI yang memasukkan nilai-nila kesadaran lingkungan di dalam kurikulumnya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mennganalisa ideologi kesadaran ekologi melalui pembelajaran PAI di MAN 1 Tuban dan SMAN 2 Tuban. Studi ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi multi kasus dan subjek penelitian adalah guru PAI. Hasil penelitian menunjukkan Tahap perencanaan yang dilakukan di MAN 1 Tuban menggunakan assesment diagnosty, pendiskusian, dan rapat dinas. Sedangkan di SMAN 2 Tuban dilakukan dengan kolaborasi antar guru dan mengidentifikasi permasalahan di kalangan siswa. Tahap Pelaksanaan di MAN 1 Tuban menggunakan Pembelajaran iman dan ikhsan, kolaborasi antar keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar, keteladanan Rasulullah dan ikatan anatar Allah, annas dan alam. Sedangkan di SMAN 2 Tuban menggunakan Pembelajaran penguatan dengan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits, amanah, keterlibatan secara langsung dan keteladanan guru. Tahap evaluasi di MAN 1 Tuban dan SMAN 2 Tuban sama sama menggunakan tes dan non tes dengan penilaian kepribadian siswa sehari hari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azis, M Abdul, and Syaiful Rizal. 2024. “Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI) Berbasis Ekologis Di Sekolah Dasar (SD) Plus Al-Qodiri Jember.” Keislaman 7 (2): 552–64.
Febriana, Rina. 2021. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hayunanda, Vania, Ine Sukma Permatasari, Sindi Pusparani, and Didik Tri. 2025. “PERAN PEMBELAJARAN IPAS PADA SISWA KELAS V SDN.” Al-Muaddib 07 (01): 228–38.
Kurniawati, Weni. 2021. “Desain Perencanaan Pembelajaran.” Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman 7 (1): 1–10.
Mahmudi, Ihwan. 2020. Evaluasi Pendidikan. Sleman: Lintang Books.
Majid, A. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interes Media.
Masnu’ah, Syafira, Nyayu Khodijah, and Suryana Ermis. 2022. “Analisis Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Undang-Undang No 20 Tahun 2003 (SISDIKNAS).” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 9 (1): 115–30.
Maulida, Siti. 2024. “Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Fungsi Dan Tujuan.” OJS, Karimah Tauhid 3: 6014–23.
Muhaimin, Abd Ghofir, and Nur Ali Rahman. 1996. Strategi Belajar Mengajar (Penerapannya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama). Surabaya: CV Citra Media.
Neolaka, Amos. 2008. Kesadaran Lingkungan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurhasanah, Siti, Agus Jayadi, Rika Sa’diyah, and Syafrimen. 2019. Strategi Pembelajaran. Cv. Reka Karya Amerta. Jakarta: Edu Pustaka.
Policy, Yale Center for Environmental Law &. 2022. “Indonesia Enviromental Performance Index.” Yale University & Columbia University. 2022. https://epi.yale.edu/epi-results/2022/country/idn.
Schwencke. 2016. Globalized Eco-Islam; a Survey of Global Islamic Environmentalism. Netherlands: Leiden University.
Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru.
Sumarmi, Sumarmi. 2023. “Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar.” Social Science Academic 1 (1): 94–103. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i1.3193.
Sutikno, Sobry. 2021. Strategi Pembelajaran. Indramayu: Penerbit Adab.
Sutrisno, and Suyadi. 2016. Desain Kurikulum Perguruan Tinggi, Mengacu KKNI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
UNNES, FEB. n.d. “Urgensi Pendidikan Konsumsi Hijau Dalam Mereduksi Kerusakan Lingkungan.” Universitas Negeri Semarang. https://unnes.ac.id/feb/urgensi-pendidikan-konsumsi-hijau-dalam-mereduksi-kerusakan-lingkungan/.
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v13i2.18311
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .